TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Program Jambanisasi, Bantu Keluarga Miskin

By 16 Apr 2017 10:08Kodam Iskandar Muda
19160417 (2)

Babinsa Koramil 02/Suka Makmur Kodim 0101/BS bangun jamban untuk warga miskin di Desa Tampok Blang Kecamatan Suka Makmur Aceh Besar, Jum’at (14/04/17).

Salah satu warga yang mendapatkan bantuan jamban adalah Salmah (70) seorang janda tua yang tinggal bersama cucunya di Desa Tampok Blang.

“Setiap kali akan buang hajat beliau harus pergi ke kali atau bahkan gali lobang di belakang rumah, Alhamdulillah sekarang sudah ada jamban yang kita buat, semoga ini bermanfaat bagi ibu Salmah dan keluarganya” tutur Sersan Dua Muandik yang membangun jamban bersama rekannya Kopral Dua Muhammad Faisal Amir.

Salmah sangat berterima kasih atas dibuatkannya jamban di rumahnya, dirinya menuturkan bahwa TNI sangat memperhatikan dan peduli pada masyarakat seperti dirinya.

“Teurimong geunaseh that Pak ka neu kalon kamoe. (Terimakasih banyak Pak , anda sudah memperhatikan kami”) ucap Salmah kepada kedua orang anggota Babinsa sambil mengusap air mata.

Komandan Koramil (Danramil) 02/Suka Makmur Mayor Inf Issukandar, S.Ag yang ditemui di kantornya mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari Program Karya Bakti TNI yaitu program pembuatan jamban bagi masyarakat miskin, khususnya yang belum memiliki jamban.

“Ini adalah salah satu dari Program bakti TNI yang dilaksanakan oleh seluruh Koramil di jajaran Kodim 0101/BS, prioritas kita adalah mewujudkan lingkungan masyarakat yang sehat melalui program Jambanisasi”, ucap Danramil.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan jamban bagi keluarga miskin untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bersih, aman dan nyaman guna menigkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Sebelumnya, pada semester I Tahun 2017 ini, Koramil 02/Suka Makmur mendapatkan program pembangunan 15 unit jamban bagi masyarakat miskin di wilayah Kecamatan Suka Makmur, Aceh Besar.

“Harapan kita, program jambanisasi ini dapat berlanjut karena ternyata masih banyak masyarakat yang belum memiliki jamban dirumahnya” ungkap Danramil.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Program Jambanisasi, Bantu Keluarga Miskin