Skip to main content
Kodam XVII/Cenderawasih

Satgas TMMD Layani Pengobatan Door to Door Kepada Masyarakat Kampung Sach

Dibaca: 26 Oleh 29 Apr 2017Januari 22nd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Jayapura. Secara umum kondisi masyarakat yang berada di wilayah perbatasan RI – PNG sangat memprihatinkan, baik dari segi kesejahteraan ekonomi, tempat tinggal, sandang, pangan maupun bila dilihat dari segi kesehatannya, kurangnya pemahaman masyarakat mengenai pola hidup sehat dan layak. Selain itu minimnya fasilitas-fasilitas umum seperti, sekolah dan Puskesmas maupun Pustu (Puskesmas Pembantu) serta kurangnya tenaga pengajar dan tenaga kesehatan juga menjadi kendala selama ini.

3 (2)

Sebagai contoh Kampung Sach, yang sekarang ini menjadi sasaran TMMD ke 98 Kodim 1701/Jayapura. Kampung ini letaknya sekitar 200 Km dari Jayapura dan aset menuju Kampung sebenarnya jalan sudah dibangun,tetapi banyak mengalami kerusakan. Kampung ini tergolong Kampung yang masih sangat tertinggal dan letaknyapun jauh di pedalaman perbatasan Indonesia dan Papua
Nugini. Sarana untuk masyarakat baik dari segi pedidikan, kesehatan dan yang lainnya juga sangat kurang, bahkan sekolah dan Puskesmas Pembantu pun juga belum ada.

Melihat kondisi seperti ini Kodim 1701/Jayapura ingin membantu masyarakat Kampung Sach dengan menjadikannya sasaran TMMD. Melalui TMMD ini, di Kampung Sach dibangunkan Puskesmas Pembantu, sehingga pelayanan kesehatan masyarakat akan lebih mudah dan lebih baik. Disamping itu Satgas TMMD juga membangun beberapa unit rumah untuk warga masyarakat serta membangun jalan Kampung yang tadinya lumpur kini sudah bagus dan diperkeras.

Baca juga:  Terima Kasih Pak Tentara, Warga Kampung Kami Jadi Sehat

Bukan itu saja, Satgas TMMD dalam membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melakukan pengobatan keliling door to door ke rumah penduduk, sehingga apabila ada warga yang sakit bisa langsung diadakan penanganan di rumahnya masing-masing.

Hal ini yang membuat sangat terharu petugas kesehatan Distrik Waris, Paulus Psebo yang melihat sendiri bagaimana anggota Satgas mendatangi rumah warga membantu masyarakat yang sakit.”Kami disini hanya sendiri dan melayani 7 Kampung, jadi kami tidak bisa setiap hari berada di sini.Kami hanya satu atau dua kali datang dalam sebulan, karena ada banyak Kampung yang dilayani. Dengan adanya bapa-bapa TNI Satgas TMMD ini kami sangat berterima kasih telah banyak membantu warga disini, bahkan sekarang di Kampung Sach sudah dibangun Puskesmas Pembantu. ini sangat baik dan kami terimakasih kepada TNI, atas perhatiannya kepada Kampung ini,” ungkapnya.

Sedangkan Perwira Pengawas (Pawas) TMMD Kodim 1701/Jayapura Kapten Inf Komsa Murtoyo ketika dikonfirmasi menyampaikan,”Memang anggota Satgas disini selain membantu pembangunan secara fisik juga non fisik serta membantu segala sesuatu yang menjadi kesulitan masyarakat. Warga Kampung Sach ini sangat baik menerima kami satgas TMMD, mereka setiap hari ikut membantu bergotong-royong bersama TNI mengerjakan pekerjaan yang belum selesai. Tanpa di komando warga datang sendiri membantu. Dan Satgas juga melakukan kegiatan penyuluhan kesehatan serta melakukan pengobatan ke rumah-rumah penduduk untuk membantu apabila ada warga masyarakat yang sakit, untuk dapat diobati di rumahnya masing-masing, karena memang Pustu yang dibangun belum selesai. Nanti bila Pustu sudah selesai mereka bila sakit akan berobat ke Pustu ,” kata Pawas TMMD.

Baca juga:  UPACARA BENDERA 17-SAN BULAN APRIL 2014 GABUNGAN TNI-POLRI DAN PEMDA

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel