TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Setiap Prajurit Harus Kuasi Kemampuan Dasar Keprajuritan

By 22 Apr 2017 15:57Berita Satuan
IMG-20170422-WA0030

TNI AD – Muara Enim. Para peserta apel komandan satuan (Dansat) tersebar Kodam II/Swj melaksanakan kegiatan renang militer (Renmil) jarak 50 meter bertempat di Kolam Renang Batalyon Kavaleri 5/Dwi Pangga Ceta, Karang Endah Kabupaten Muara Enim, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (20/4/2017).

IMG-20170422-WA0031Sebelum pelaksanaan renang, sejumlah perlengkapan pendukung telah disiapkan hari sebelumnya guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Dimulai pada pukul. 06.00 WIB, para peserta dibagi menjadi per gelombang sesuai pengelompokan umur. Hal ini untuk mengetahui masing -masing catatan waktu sesuai pengelompokan umur.

Satu persatu para peserta memasuki garis finish, bahkan salah satu peserta meskipun dengan kondisi yang terengah-engah, dengan tekad dan semangat pantang menyerah akhirnya dapat menaklukan rasa lelah hingga sampai finish.

Pelaksanaan Renmil ini dilaksanakan per gelombang yang terdiri dari 3 orang, bagi satuan tempur (Satpur) dan satuan bantuan tempur (Satbanpur) melaksanakan Renmil dengan menggunakan pakaian PDL, senjata dan helm. Sedangkan untuk satuan bantuan administrasi (Satbanmin) melaksanakan Renmil dasar dengan pakaian PDL tanpa senjata dan helm.

Dihari yang sama, para peserta apel Dansat juga melaksanakan menembak pistol secara bergantian antara Kompi A dan Kompi B dilapangan tembak pistol Yonkav 5/DPC dengan jarak 25 meter.

Kemampuan menembak merupakan kemampuan mutlak yang harus dimiliki oleh seorang prajurit TNI baik dari pangkat yang tertinggi maupun sampai yang terendah. Dalam pelaksanaan menembak pistol tersebut penyelenggara menyiapkan lajur-lajur untuk tiap gelombang peserta apel Dansat, sementara dalam pelaksanaannya mengunakan sikap berdiri.

Mekanisme yang digunakan dalam kegiatan ini antara lain para peserta dibagi menjadi per gelombang, masing-masing gelombang berjumlah 15 orang. Untuk penembakan pertama yaitu penembakan koreksi sebanyak tiga butir dengan waktu tiga menit jarak 25 meter, sedangkan tembakan kedua tembakan penilaian sebanyak sepuluh butir dengan waktu lima menit dengan sikap dua tangan, dilanjutkan dengan menembak dua plat baja jarak 20 meter dengan jumlah munisi tiga butir.

Pada pelaksanaan apel Dansat tersebar Kodam II/Swj Tahun 2017 akan dilaksanakan evaluasi semua materi dengan sasaran para komandan satuan dapat memahami dan mampu melaksanakan pemeliharaan serta peningkatan kemampuan prajurit baik secara perorangan maupun dalam hubungan satuan. Sehingga terbentuk prajurit yang disiplin, jago perang, jago menembak, jago beladiri dan memiliki kesiapan fisik yang prima.

Sementara itu Kapendam II/Swj Kolonel Arh Syaepul Mukti Ginanjar, S.I.P., mengatakan, kegiatan renang militer dan menembak pistol ini merupakan rangkaian kegiatan dari Apel Dansat tersebar yang sudah diprogramkan oleh Kodam II/Swj.

“Sudah menjadi hal yang biasa bagi prajurit di jajaran Kodam II/Swj dapat berenang dan menembak. Selain itu juga kemampuan tersebut akan sangat berguna dikala seorang prajurit mengalami hal-hal yang tidak diinginkan ketika melakukan tugas operasi. Setiap prajurit harus mampu menguasai dasar-sadar keprajuritan seperti renang militer dan kemampuan dasar militer lainnya, tidak terkecuali para komandan satuan”, imbuhnya. (Pendam II/Swj)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Setiap Prajurit Harus Kuasi Kemampuan Dasar Keprajuritan