Skip to main content
Kodam Iskandar Muda

Siti Aminah Terima Bantuan Jamban Dari Koramil 20/Plkt

Dibaca: 27 Oleh 20 Apr 2017Januari 22nd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Aceh. Siti Aminah adalah seorang Ibu Rumah Tangga berumur 42 tahun yang tinggal di Desa Seunebok Rawang Kecamatan Peurelak Timur, Aceh. Faktor ekonomi yang lemah ditengah-tengah kebutuhan hidup yang semakin tinggi, memaksanya harus menjalani kehidupan seadanya dengan tinggal dibsebuah gubuk tua tanpa jamban.

Selama ini Siti dan suaminya yang hanya berprofesi sebagai petani harus mencari tumpangan untuk buang hajat bahkan WC terbang pun menjadi pilihan disaat ingin buang hajat besar (BAB).

Mengetahui hal ini, Babinsa desa melaporkan hal tersebut kepada Komandan Koramil (Danramil) 20/Peurelak Timur Kapten Inf Iswan atas terhadap kehidupan keluarga Siti Aminah yang memprihatinkan.

Melalui program sejuta jamban yang sedang digencarkan oleh satuan jajaran Kodam Iskandar Muda dalam membantu kesulitan masyarakat, Danramil 20/Peurelak Timur Kapten Inf Iswan memerintahkan Babinsanya untuk membantu pengadaan dan pembuatan jamban bagi warga desa binaan yang kurang mampu.

Dipimpin oleh Serda Aspan, Babinsa Koramil 20/Plkt pun melaksanakan pembuatan jamban di beberapa rumah warga yang salah satunya adalah di rumah Siti Aminah yang terletak di Desa Seunebok Rawang Kecamatan Peurelak Timur, Rabu (19/4).

Baca juga:  Dandim Gowes Bareng Bupati Temanggung

Kapten Iswan menjelaskan bahwa pembuatan jamban di rumah Siti Aminah adalah yang keempat setelah tiga rumah warga binaannya yang lain rampung dikerjakan.

Dengan adanya program jambanisasi ini, diharapkan dapat membantu warga yang kurang mampu. Jika dinilai dari aspek kesehatan, WC terbang yang selama ini menjadi alternatif warga yang tidak mempunyai jamban bisa berakibat buruk bagi lingkungan.

Virus yang ditimbulkan dari kotoran manusia tersebut tentunya dapat menyebabkan penyebaran wabah penyakit di pemukiman warga. “Oleh karena itu, warga yang belum mempunyai jamban dapat memanfaatkan program jambanisasi terutama bagi warga yang kurang mampu”, jelas Danramil 20/Plkt.

Kini, Siti Aminah tidak perlu lagi menumpang atau menggunakan WC terbang saat ingin buang air besar. Siti Aminah dan keluarganya dapat memanfaatkan jamban yang sudah selesai dibuat oleh para Babinsa Koramil 20/Plkt.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel