TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Telaga Menjer Merupakan Aset Negara, Sudah Sepantasnya Dijaga Kebersihannya

By 08 Apr 2017 18:40Berita Satuan
IMG-20170408-WA0034

 
Kawasan Wisata Telaga Menjer akhir-akhir ini nampak kurang menarik dengan tumbuhnya eceng gondok dan sampah yang berserakan di telaga tersebut. Tanaman eceng gondok ini tumbuh subur sehingga mengurangi keindahan Telaga Menjer. Melihat hal demikian, personel Koramil Garung tergerak hatinya untuk membersihkan Telaga Menjer dari tanaman eceng gondok dan sampah yang berserakan. Kemudian Danramil Garung mengajak petugas kecamatan, PT. Indonesia Power, karang taruna dan masyarakat untuk bersama-sama kerja bakti membersihkan tanaman eceng gondok dan sampah yang ada.

Tanaman eceng gondok bila dibiarkan akan dapat yang memenuhi Telaga Menjer sehingga merusak keindahan telaga. Untuk itu para pegiat dan relawan lingkungan melakukan aksi bersih telaga. Kegiatan tersebut dilakukan dengan menggunakan perahu, Jumat (7/4/2017).

Danramil Garung Kapten Sukriadi menyampaikan bahwa kegiatan bersih-bersih lingkungan sudah merupakan program TNI yaitu Jumat Bersih.”Dipandang Telaga Menjer merupakan aset negara maka sudah sepantasnya untuk dijaga dan dibersihkan secara bersama–sama. Ini sebagai salah satu bentuk pengabdian TNI kepada masyarakat bangsa dan negara. Apa lagi telaga menjer merupakan salah satu destinasi kunjungan wisatawan baik lokal maupun manca negara,” ujar Danramil.

Danramil berharap, aksi nyata ini bisa menggugah dan menyadarkan semua pihak, sehingga keberadaan telaga bisa terselamatkan, karena ini menjadi tanggung jawab bersama. “Selain pemerintah, masyarakat juga ikut bertanggung jawab, termasuk warga setempat, karena telaga ini juga dimanfaatkan oleh warga setempat,” ujarnya.

“Kesadaran masyarakat untuk menanam dan menyelamatkan air merupakan tindakan yang mulia, TNI akan senantiasa mendukung upaya tersebut, bahkan aktif terlibat,” kata Danramil.

Pihaknya berharap upaya penyelamatan lingkungan harus menjadi kesadaran setiap orang dan tidak bisa dibebankan kepada salah satu pihak. Kesadaran itu harus dimiliki masyarakat Wonosobo yang merasa cinta dan berharap menjadikan kabupaten ini semakin maju dan sejahtera.

Perwakilan Indonesia Power bapak Wardi menuturkan bahwa dengan menjaga telaga menjer ini bisa memberi manfaat kepada banyak orang karena dengan terpeliharanya telaga maka cadangan air akan melimpah. Sedangkan air menjadi sumber kehidupan, namun pentingnya menjaga daerah tangkapan air dan juga sumber mata air masih diabaikan.Disamping sebagai sumber air yang tidak kalah penting adalah telaga menjer dimanfaatkan untuk pembangkit listrik sehingga keberadaan telaga menjer menjadi sangat vital.

Ketua karang taruna Maron sdr. Joko mengatakan, “Dengan adanya telaga menjadi tampungan air, air menjadi pertanda kehidupan dan kesejahteraan, dan sebaliknya, hilangnya air menjadi pertanda kemiskinan dan kesengsaraan.” Sdr. Joko juga menyebutkan bahwa Kabupaten Wonosobo merupakan penyangga air bagi13 kabupaten yang ada di bawahnya, bahkan hampir semua kecamatan memiliki sungai yang besar. Dimana sungai tersebut mengalir dan memberikan kehidupan d daerah yang ada dibawahnya.

“Kalau sungai sampai mengering mau jadi apa Wonosobo dan juga kabupaten yang ada di bawahnya,” tandasnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Telaga Menjer Merupakan Aset Negara, Sudah Sepantasnya Dijaga Kebersihannya