TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tim Sergap Mabesad Kunjungi Wilayah Kodim 0815 Mojokerto

By 08 Apr 2017 16:27Berita Satuan
IMG-20170408-WA0032

Tim Serap Gabah Petani (Sergap) Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) yang dipimpin Kolonel Arh Mandrawan dan Kolonel Inf Dwi Suryo meninjau lokasi panen, penggilingan padi, KUD Sumber Pangan dan gudang penyimpanan Bulog, di wilayah Mojokerto, Kamis (06/04/2017).

Kolonel Arh Mandrawan mengatakan, tujuan kunjungan ini adalah melihat sejauh mana Kodim 0815/Mojokerto ikut berperan aktif membantu petani dalam mengawal kedaulatan pangan yang telah dicanangkap pemerintah. “ Tim Sergap Mabesad akan memberikan evaluasi sekaligus masukan kepada Aparat Teritorial agar perannya makin optimal dalam membantu para petani, “ujarnya.

Tim Sergap Mabesad menyampaikan, Penyuluh Pertanian lapangan (PPL) dan Babinsa harus lebih maksimal dalam melaksanakan pendampingan kepada petani dan harus mengetahui kendala-kendala yang dihadapi petani termasuk masalah administrasi, dengan menggandeng Kades dan Gapoktan untuk menyelesaikannya. “Pemerintah melalui Kementerian Pertanian berupaya untuk memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan petani yang diwujudkan dalam bentuk program bantuan benih, pupuk, alat mesin pertanian (Alsintan), pompa air dan lain-lain serta membeli gabah petani sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah,”ungkap Kolonel Arh Madrawan.

Selanjutnya Tim Sergap melakukan panen padi di lokasi panen Dusun Tangunan Desa Tangunan Kecamatan Puri dan disambut Danramil 0815/04 Puri Kapten Inf EKo Wahyudi beserta PPL. Di area yang sedang dipanen tersebut, Tim Sergap menyaksikan secara langsung panen padi dengan menggunakan mesin perontok padi, dan pihak Bulog langsung melakukan uji/analisa sample kadar air terhadap padi yang dipanen. Tim Sergap bersama rombongan selanjutnya menuju KUD Sumber Pangan di Dusun Kali Putih, Desa Kebon Agung ,Kecamatan Puri untuk meninjau proses penjemuran dan pengilingan padi.

Dalam kunjungan ke wilayah Mojokerto, Tim Sergap Mabesad turut didampingi Kasdim 0815/Mojokerto Mayor Inf Nuryakin S.Sos, Pasi Komsos Ster Korem 082/CPYJ Mayor Inf MJ Arifin, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Didik Pancaning Argo, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Mojokerto yang diwakili Rofi, Waka Bulog Sub Divre IV Surabaya Selatan Anita, Koordinator PPL Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Masuhadak, SP, MMA dan Kasi Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Wastutuk Muryati .

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tim Sergap Mabesad Kunjungi Wilayah Kodim 0815 Mojokerto