TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TMMD Bentuk Pemerataan Pembangunan Melibatkan Seluruh Komponen Bangsa

By 06 Apr 2017 18:44Berita Satuan
IMG-20170406-WA0046

Bertempat di lapangan Desa Banjaran Kecamatan Salem Kabupaten Brebes telah dilaksanakan upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap I tahun 2017 yang bertemakan “ Dengan Semangat Kemanunggalan TNI Rakyat Kita Percepat Pembangaunan Di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Rangka Menjaga Keutuhan NKRI “. Rabu (5/4/2017).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Wakil Bupati Brebes Narjo, perwira upacara Kapten Inf Sakwad Pasipers Kodim 0713/Brebes sedangkan untuk Komandan upacara Kapten Arm Komari Danramil 11/Paguyangan Kodim 0713/Brebes.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Brebes mengatakan, program TMMD ini adalah bagian dari cara merawat dan mengikat rasa kebersamaan dan gotong royong dalam mengatasi permasalahan kemiskinan dan pengangguran, mewujudkan kedaulatan pangan dan energi, memberantas Narkoba serta memperkuat rasa nasionalisme patriotisme. Oleh karena itu semua pihak harus bersinergi bahu- membahu dan tidak mengandalkan pemerintah, TNI dan Polri saja dengan satu tujuan mensejahterakan kehidupan masyarakat desa dengan kemandirian.

“Kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan harus kita atasi karena di Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2016 angka kemiskinan mencapai 13,19% dari total jumlah penduduk. Sedangkan tingkat penganguran terbuka (TPT) 4,63% dari angkatan kerja. Untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Tahun 2015 adalah 69,49 dan pertumbuhan ekonomi Tahun 2016 sebesar 5,28% dengan angka laju inflasi 2,36%.

Untuk itu pemerintah Jateng memiliki program dalam mengurangi kemiskinan dan pengangguran dengan prioritas wilayah Kabupaten/Kota dengan melakukan peningkatan sinergitas yang melibatkan berbagai pihak. Tidak kalah pentingnya adalah peningkatan kesehatan dengan pembuatan jamban bagi masyarakat.

Sasaran kegiatan TMMD ini adalah sasaran fisik dan non fisik meliputi pekerjaan pengaspalan jalan panjang 218 meter, pembangunan Makadam panjang 739 meter, dua ruas talud penahan jalan dengan panjang total 234 m dan pembangunan fisik lainnya. Sedangkan kegiatan non fisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan Narkoba, Penyuluhan pertanian, pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM), pembuatan akta kelahiran dan program kegiatan lainnya.

Acara dilanjutkan penyerahan peralatan TMMD secara simbolis dan penandatanganan dokumen TMMD oleh Bupati Brebes dan Dandim 0713/Brebes serta pemukulan kentongan tanda dibukanya TMMD secara resmi. (Kodim 0713/Brebes).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kodam IX/Udayana Kostrad Kodam Iskandar Muda Kodam XIV Hassanudin Kodam IV/Diponegoro Kodam XVI/Patimura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TMMD Bentuk Pemerataan Pembangunan Melibatkan Seluruh Komponen Bangsa