TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TMMD Mentawai Percepat Pembangunan Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

By 09 Apr 2017 16:44Berita Satuan
IMG-20170409-WA0048

Kodim 0319/Mentawai melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dalam wujud Operasi Bhakti TNI, bertempat di Desa Saliguna, Kecamatan Siberut Tengah, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sabtu (8/4/2017).

Dandim 0319/Mentawai Letkol Inf Fajar Dwi Yulianto mengatakan, TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

“Dengan adanya program TMMD ini, pemerataan pembangunan pedesaan, khususnya di Kabupaten Mentawai dapat mensejahterakan masyarakat, “ungkap Letkol Inf Fajar Dwi Yulianto.

Dandim menyampaikan, kegiatan pra TMMD sudah dimulai pada 22 Maret sampai 4 April 2017. “Sementara, kegiatan TMMD dimulai sejak 5 April sampai 4 Mei 2017 dengan lokasi kegiatan di Desa Saliguna Kecamatan Siberut Tengah dan Desa Maileppet Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, “ujarnya.

Dandim menjelaskan, jumlah personel dalam kegiatan TMMD ke-98 tahun 2017 ini terdiri dari TNI AD sebanyak 110 orang, TNI AL 5 orang, TNI AU 5 orang, Polri 10 orang, Pemda Kabupaten Kepulauan Mentawai 20 orang dan Satpol PP 30 orang.

Pada Hari Minggu (9/4/2017). Satgas TMMD melaksanakan bedah rumah sebanyak 6 (enam) unit di Desa Saliguna. Marcelina Saingo (47) yang rumahnya direhab mengucapkan terima kasih kepada Satgas Mentawai yang dengan tulus dan ikhlas membantunya.

Di tempat lain, Tim Kesehatan Satgas TMMD Mentawai Tahun 2017 Serma Alimat turun langsung ke rumah-rumah untuk memeriksa kesehatan warga Desa Ciberut, Dusun Pasa Kiat Mentawai. “Karena letak desa yang terpencil membuat masyarakat kurang peduli dengan kesehatannya, sehingga kita mendatangi mereka, “ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dusan Pasa Kiat Suranto mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada Prajurit TNI. “Apalagi kedatangannya untuk membangun dan mengobati masyarakat kami yang sakit, karena kampung kami sangat jauh dari Puskesmas,”tuturnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TMMD Mentawai Percepat Pembangunan Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat