TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI Bangun Embung Watu Gede Untuk Peningkatan Produksi Cabai di Desa Ngroto

By 15 Apr 2017 12:10Kodam IV/Diponegoro
14 (3)

Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Maruli, M.Sc. meresmikan Embung Watu Gede yang berlokasi di Desa Ngroto, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Kamis (14/4/2017). Embung adalah merupakan tendon air atau waduk berukuran kecil pada lokasi pertanian yang bertujuan untuk menampung kelebihan air hujan dimusim penghujan dan pemanfaatannya pada musim kemarau untuk berbagai keperluan baik di bidang pertanian maupun kepentingan masyarakat.

Embung  Watu  Gede  dibangun  atas  kerjasama  antara  Korem 074/Warastratama  Surakarta, Kodim 0728  Wonogiri, Kantor Perwakilan Bank  Indonesia  Solo, Pemkab Wonogiri serta gotong-royong masyarakat Desa Ngroto.

Dalam sambutannya Komandan Korem 074/Warastratama mengatakan, pembangunan Embung Watu Gede dengan panjang 30 meter dan lebar 30 meter serta kedalaman 3 meter ini merupakan satu dari 20 embung yang dibangun se- Solo Raya.

Dikatakan Danrem, embung Watu Gede merupakan embung yang terbaik dan dikerjakan dalam waktu 60 hari secara bergotong royong. Harapannya ke depan, embung ini dapat menjadi sumber pengairan di lahan pertanian seluas 20 hektare yang dikelola gabungan kelompok tani (Gapoktan) Subur Makmur Dusun Mendang, Desa Ngroto Kismantoro.

Pada kesempatan tersebut Danrem juga menyerahkan bibit cabai kepada masyarakat dan penebaran 3000 benih ikan Nila ke dalam embung Watu Gede yang berada di daerah ketinggian dengan udara yang sejuk. Harapannya pada masa mendatang, selain sebagai penampung air, embung tersebut bisa menjadi wahana wisata. (Penrem 074/Wrt)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI Bangun Embung Watu Gede Untuk Peningkatan Produksi Cabai di Desa Ngroto