TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI Merangsang Masyarakat Membangun Desanya Melalui TMMD

By 06 Apr 2017 20:24Berita Satuan
IMG-20170406-WA0064

Jajaran Kodim 0418/Palembang, menggelar kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-98 TA. 2017 yang dilaksanakan di Kp. Tanjung Barangan dan Kp. Tanjung Bubuk Kel. Bukit Baru Kec. llir Barat l Kota Palembang mulai tanggal 5 April hingga 4 Mei 2017 mendatang, Rabu (5/4/2017).

Komandan Kodim 0418/Palembang Letkol Inf Ferdi Prastyono mengatakan, bahwa secara umum kegiatan TMMD ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan dan memantapkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa, bernegara, bela negara dan disiplin nasional. Selain itu kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk merangsang masyarakat membangun Desanya.

“Sasaran kegiatan TMMD secara fisik yakni perbaikan jalan penghubung antara Kp. Tanjung Barangan menuju Kp. Tanjung Bubuk sepanjang 1.200 meter dengan Iebar 6 meter dan pemasangan gorong-gorong di dua titik,” urainya.

Sedangkan pembangunan fisik lainya di Tanjung Bubuk Kec.Ilir Barat I yaitu rehab Mushola 1 unit, pembuatan jembatan panjang 6 M lebar 4 M, pembuatan Pos Kamling 2 unit, pembuatan MCK 2 unit, bedah rumah 2 unit dan pengecoran jalan SDN 14 Bukit Baru panjang 200 meter dengan lebar 3 meter.

Sementara untuk kegiatan non fisik pada pelaksanaan TMMD Ke-98 TA. 2017, jajaran TNI akan melaksanakan kegiatan penyuluhan bela negara, penyuluhan hukum, penyuluhan Narkoba, penyuluhan keagamaan, penyuluhan pertanian perkebunan & perikanan, penyuluhan kesehatan & KB, pengobatan masal, donor darah dan khitanan massal serta pemutaran film.

“Kita juga akan melaksanakan rangkaian kegiatan tambahan “Bhakti Sosial” yang terdiri dari khitanan massal, berobat gratis, donor darah serta bazar yang kita harapkan mampu membantu masyarakat setempat,” jelas Dandim.

Personel yang terlibat dalam kegiatan TMMD ke-98 tahun ini berjumlah 310 orang terdiri dari Satgas TMMD ke-98 berjumlah 150 orang terdiri personel dari Kodim 0418/Plg 29 orang, Yonif 141/AYJP 56 orang, Lanal Palembang 10 orang, Lanud Palembang 10 orang, Polresta Palembang 10 orang, Tim Penyuluh 10 orang, Tim Kesehatan 5 orang, Tim Tehnis 10 orang dan Tenaga Ahli (tukang) 10 orang serta personel pendukung sebanyak 160 orang terdiri dari masyarakat 40 orang, Karang Taruna 20 orang, PPM 20 orang, FKPPI 20 orang, Sake Wira Kartika 20 orang, Wanra 20 orang dan Menwa 20 orang.

“Kami harapkan semua rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama TMMD berlangsung akan berdampak langsung hasilnya kepada masyarakat yang ada dilokasi dilaksanakannya kegiatan ini,” pungkasnya.

TMMD yang dilaksanakan sejalan dengan visi pemerintah yaitu terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong, Diharapkan dengan dilaksanakannya TMMD ini akan terwujud Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, selain itu juga membantu Pemerintah Daerah dalam rangka percepatan pembangunan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI Merangsang Masyarakat Membangun Desanya Melalui TMMD