TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Wujudkan Tertib Berlalu Lintas dan Berkendaraan, TNI Gelar Pemeriksaan Kendaraan

By 26 Apr 2017 15:27Berita Satuan
1 (1)

TNI AD – Demak. Kodim 0716/Demak melakukan pemeriksaan kendaraan dinas yang digunakan personel dan satuan di institusi militer itu di Lapangan Parkir Makodim 0716/Demak, Selasa (25/4/2017).

Pemeriksaan tersebut dilaksanakan Staf Logistik yang dipimpin langsung oleh Waaslog Kasdam IV/Diponegoro Letkol Arm Herman Antoni yang didampingi langsung oleh Dandim 0716/Demak Letkol Inf Agung Udayana.Pelaksanaan pemeriksaan dilakukan setelah selesai sholat Dhuhur. Kemudian para pengguna kendaraan dinas langsung diarahkan oleh petugas ke tempat parkir utama untuk diperiksa.

1 (8)

Kegiatan itu merupakan Progjagar Bidang Logistik Kodam IV/Dip TA. 2017 tentang Pemeriksaan Materiil Alkap Satuan melalui surat telegram yang telah disampaikan ke satuan bawah untuk ditindaklanjuti dibawah kendali Staf Logistik Kodam IV/Dip.
Kendaraan Dinas baik roda dua dan roda empat tanpa terkecuali diperiksa oleh petugas dari Slogdam IV/Dip. Adapun tim pemeriksa terdiri dari Pabandya Mat Dam IV/Dip Letkol Inf Jani Pramono, Serma Sudadi, Serma Masjidil, Serka Agung, Sertu Nurhuda, Serda Rifa’i.

Pemeriksaan meliputi kelengkapan administrasi kendaraan maupun pengemudi seperti STNK, SIM serta kelengkapan kendaraan antara lain lampu penerangan, lampu sign, spion, sistem pengereman, aki, mesin, ban/roda dan sabuk pengaman kendaraan. Pemeriksaan kendaraan Dinas akan terus berlanjut dengan tujuan untuk mengantisipasi terjadinya laka lalin, mewujudkan tertib berlalu lintas dan tertib berkendaraan di lingkungan prajurit.

Disela-sela pemeriksaan kendaraan, Waaslog Kasdam IV/Dip menyampaikan kepada satuan yang memiliki kendaraan dinas agar mempertanggungjawabkan dan memelihara dengan baik sehingga masa pakainya dapat bertahan lama.

Pemeriksaan dilanjutkan ke gudang senjata dan amunisi dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban gudang milik Kodim 0716/Demak serta pengecekan secara langsung kondisi gudang senjata dan munisi, baik dari dalam dan luar gudang senjata oleh tim Kodam IV/Diponegoro, serta memberikan arahan kepada anggota urusan senjata dan amunisi (Bafurir), bagaimana cara atau sistem perawatan dan pengamanan gudang senjata dan munisi.Demikian juga kelayakan Gudang Senjata dan Amunisi yang ada di Makodim 0716/Demak.Dandim 0716/Demak Letkol Inf Agung menekankan agar petugas gudang Senjata dan Munisi betul-betul mempedomani prosedur tetap pengamanan senjata dan administrasinya, sehinga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena pengamanan gudang senjata dan munisi merupakan bagian yang sangat penting dan tidak bisa dianggap main-main. “Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka merealisasikan pelaksanaan pengamanan Material. Khususnya gudang Senjata dan Munisi Kodim 0716/Demak, jangan sampai ada senjata yang keluar tanpa sepengetahuan Komando dan penjaga gudang.Gudang senjata dan munisi agar setiap hari selalu diperhatikan oleh penjaga gudang,” ujar Letkol Inf Agung Udayana.
[13:49, 4/26/2017] B4luther: Koreksian : 9.Prajurit TNI AD Harus Menjadi Pelopor Tertib Berlalu Lintas

TNI AD – Salatiga. Korem 073/Makutarama mengadakan Sosialisasi Tertib Berkendara dan Lalu Lintas bekerjasama dengan Polres Salatiga, bertempat di lapangan Makorem 073/Makutarama, Salatiga, Jawa Tengah, Selasa (25/4/2017).

Kasatlantas Polresta Salatiga AKP Edy S selaku pemberi materi tentang “_Safety Riding_ dan cara menciptakan ketertiban berlalu lintas mengatakan, tingginya angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas di Kota Salatiga, menjadi salah satu faktor diselenggarakannya kegiatan ini.

“Polres Kota Salatiga sangat bangga kepada jajaran TNI Angkatan Darat khususnya Korem 073/Makutarama mensosialisasikan disiplin berlalu lintas kepada anggota TNI dan keluarganya. Kegiatan ini merupakan langkah nyata dari institusi TNI Angkatan Darat memberikan pemahaman kepada prajurit dan keluarganya agar menjadi contoh bagi masyarakat dalam tertib berlalu lintas,”ujar AKP Edy S.

Kasatlantas Polresta Salatiga menyampaikan, dengan sosialisasi ini kesadaran akan pentingnya menjaga keselamatan saat berkendara makin meningkat. Berdasarkan pengamatan dan laporan yang masuk ke satuan bahwa kasus kecelakaan kendaraan roda dua yang paling sering terjadi. “Kami mengimbau dan mengajak kepada seluruh anggota untuk selalu waspada dan disiplin dalam berkendaraan, jangan sampai kita jadi korban sia-sia di jalan raya,”ungkapnya.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, para anggota dan keluarga harus lebih hati-hati dalam berkendara. Selain itu dengan adanya Sosialisasi ini, sinergitas TNI-Polri semakin meningkat. (Penrem 073/Makutarama)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Wujudkan Tertib Berlalu Lintas dan Berkendaraan, TNI Gelar Pemeriksaan Kendaraan