TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danjen Kopassus: “PAUD Peletak Dasar Tumbuh dan Kembangnya Anak”

By 25 May 2017 18:53Berita Satuan
15 (1)

TNI AD – Cijantung. Danjen Kopassus, Mayjen TNI Madsuni menyampaikan bahwa pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan anak. Ada 5 (lima) perkembangan anak, yaitu perkembangan moral dan agama; perkembangan fisik (motorik); kecerdasan/kognitif (daya pikir, daya cipta); sosio emosional (sikap dan emosi); bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan kelompok usia yang dilalui oleh anak usia dini seperti yang tercantum dalam Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009. Hal itu disampaikan Danjen Kopassus dalam sambutannya saat meresmikan renovasi gedung PAUD Bungur IV Yayasan Kartika Jaya Cabang XV Kopassus di Gedung PAUD Bungur IV Jalan RA. Fadhilah, Cijantung (Rabu, 24/5).

15 (1)

Melalui renovasi gedung PAUD Bungur yang diprakarsai oleh Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XV Kopassus diharapkan dapat memberi rasa aman dan nyaman bagi anak-anak. Kenyamanan itu akan memotivasi anak didik untuk lebih bersemangat, gembira dan bahagia, karena usia dini biasanya sedang gencar-gencarnya untuk senang belajar dan bermain.

Danjen juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XV Kopassus dan Kepala Zeni Kopassus, yang telah membantu proses renovasi pembangunan gedung PAUD Bungur IV seluas 325 m2. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada semua pihak dan donatur yang telah berkontribusi dan memberikan bantuan untuk renovasi bangunan maupun sarana dan prasarana, seperti permainan education indoor dan outdoor, rak buku, rak sepatu dan lain-lain untuk para murid PAUD Bungur IV. Dengan selesainya renovasi, Danjen berharap gedung PAUD selalu dijaga, dirawat dan dipelihara sehingga memiliki usia pakai yang cukup panjang.

Sebelumnya, Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XV Kopassus, Ibu Retno Lusiawati Madsuni, yang sekaligus bertindak sebagai Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Kopassus dalam sambutannya menyampaikan bahwa sejak lama PAUD Bungur IV belum pernah direnovasi, dan berkat dukungan dan usaha yang dilakukan bersama, gedung PAUD Bungur IV dapat direnovasi seperti sekarang ini.

Sementara itu, Kepala Sekolah PAUD Bungur IV, Ibu Ehat Solehat, S.Pd.i., menjelaskan sejarah singkat berdirinya PAUD Bungur IV hingga prestasi yang diraih. Ibu Ehat menjelaskan bahwa PAUD Bungur IV berdiri mulai tanggal 5 Februari 2008, yang diprakarsai oleh Ketua Pos Yandu ketika itu, Ibu Amo. Kemudian diresmikan oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Kopasus, pada tanggal 29 November 2009 oleh Ibu Kiki Pramono Edhi Wibowo. Dalam perkembangannya PAUD Bungur IV disebut dengan PAUD Holistik Integratif karena memiliki sarana dan prasarana yang memadai, serta memiliki semua kebutuhan anak mulai pengasuhan dan pembelajaran anak, termasuk pelayanan sesuai UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003, satuan PAUD sejenis, yaitu layanan PAUD sesuai program Sisdiknas yang terintegrasi dengan program Bina Keluarga Balita (BKB) dari BKKBN dan program Pos Yandu dari Dinas Kesehatan. Prestasi yang diraih PAUD Bungur IV diantaranya, yaitu PAUD percontohan terbaik tingkat Kecamatan, Kotamadya, dan Provinsi; Kader BKB PAUD terbaik tingkat nasional, Juara I dalam lomba membuat alat permainan edukatif (APE) Saintifik, sesuai kurikulum 2013.

Acara peresmian diawali dengan pengguntingan pita sebagai tanda dimulainya penggunaan kembali gedung PAUD Bungur IV, dilanjutkan dengan peninjauan keliling ke ruangan-ruangan tempat belajar dan bermain, taman edukasi, taman hidroponik dan taman berlalu lintas. Acara diakhiri dengan penampilan tarian yang dipersembahkan oleh anak-anak PAUD Bungur IV.

Hadir dalam peresmian renovasi gedung PAUD Bungur IV, Danjen Kopassus Mayjen TNI Madsuni, Ketua Himpaudi Kecamatan Pasar Rebo, Ketua PKG Kecamatan Pasar Rebo, Penilik PAUD Kecamatan Pasar Rebo, Lurah Kelurahan Cijantung beserta jajaran, Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XV Kopassus Ibu Retno Lusiawati Madsuni beserta pengurus dan Wakil Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XV Kopassus Ibu Eka Selly Richard Tampubolon beserta jajarannya, para Asisten Danjen Kopassus, Kabalak Kopassus, perwakilan CSR dari PT. Pertamina (Persero) dan donatur Ace Hardware.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danjen Kopassus: “PAUD Peletak Dasar Tumbuh dan Kembangnya Anak”