Skip to main content
Kodam XIV Hasanuddin

Dirikan Rumah Baca, Babinsa Diundang Makan Siang Bersama Presiden di Istana Negara

Dibaca: 258 Oleh 01 Mei 2017Januari 19th, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Sulawesi Tenggara. Desa Holimombo, Desa Koholimombona dan Desa Bajo Bahari Kec. Wabula Kab. Buton merupakan daerah pesisir kepulauan dan terpencil yang berada di Propinsi Sulawesi Tenggara. Akibatnya kondisi sosial ekonomi maupun infrastrukturnya sangat terbatas, termasuk taraf pendidikan masyarakatnya pun sangat rendah. Ini dapat dilihat dengan pada umumnya masyarakat di desa itu belum bisa baca tulis (buta aksara).

photo_2017-05-01_07-50-58

Melihat kondisi tersebut, sekaligus melaksanakan perintah Pangdam VII/Wirabuana (sekarang Kodam XIV/Hasanuddin) Mayjen TNI Agus SB setahun yang lalu, agar seluruh satuan, terutama Kodim, Koramil maupun Babinsa mendirikan rumah baca serta perpustakaan keliling dalam rangka membantu Pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya mengentaskan masalah buta aksara di daerah, seorang Babinsa atas nama Kopka Sutardi NRP 31960260520876 dengan bersinergi bersama Babinkamtibmas dan aparat desa setempat berhasil mendirikan rumah baca dan perpustakaan keliling serta menggiatkan warganya untuk belajar membaca dan menulis.

photo_2017-05-01_07-37-58

Hasilnya dalam kurun waktu kurang lebih satu tahun mampu mengurangi tingkat buta aksara penduduk setempat dari 90 % menjadi 55 %. Sebagai penghargaan atas prestasi dibidang pendidikan yang dilakukan seorang Babinsa berpangkat Kopral tersebut, di undang makan siang bersama  Bapak Presiden RI Joko Widodo di istana negara, Jakarta pada tanggal 2 Mei 2017 dalam rangka upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional, dengan thema ” Percepat Pendidikan Yang Merata dan Berkualitas”.

Baca juga:  Ekspesidi Selesai, KRI Surabaya-591 Bawa Tim Ekspedisi NKRI 2017 ke Jakarta

photo_2017-05-01_07-37-40

Aktivitas, kreatifitas dan ketangguhan melintasi beberapa pulau, anggota Koramil Pasar Wajo Kodim 1413/Buton itu, tidak hanya mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat, tetapi juga mendapatkan tempat dihati masyarakat di ketiga perkampungan tersebut, dan mendapatkan banyak pujian dari para petinggi Pemerintah Kab. Buton dan Pemerintah Propinsi Sulawesi Tenggara serta Dinas terkaitnya.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel