TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

HKTI Jember dan TNI Siap Jadikan Jember Bagian Utara Produktif Pertanian

By 15 May 2017 20:38Berita Satuan
3 (2)

TNI AD – Jember. Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jember Jumantoro melakukan kerja sama pembuatan demplot pertanian (percontohan) dengan Koramil 0824/26 Jelbuk menggunakan pupuk non subsidi,  di Desa Panduman, Kecamatan Jelbuk, Jember, Jawa Timur, Minggu (14/5/2017).

Jumantoro  mengatakan, sejak adanya kerja sama antara Departemen Pertanian dengan Markas Besar TNI AD dalam mewujudkan program ketahanan pangan nasional, hubungan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dengan TNI di daerah semakin dekat. “Inilah wujud keseriusan kita mewujudkan ketahanan pangan nasional, di Jember,”ujarnya.

Jumantoro menyampaikan, kerja sama antara HKTI dan TNI dimaksudkan dalam rangka mengedukasi kepada petani agar tidak terlalu bergantung kepada pupuk bersubsidi, karena pada tahun 2017 ini subsidi pupuk secara nasional ada pengurangan sekitar 1 juta ton.

3 (3)

Ketua HKTI Jember menjelaskan, HKTI saat ini  lebih fokus ke wilayah Jember Bagian Utara yang pertaniannya dipandang kurang perhatian. “Hal ini memang kondisi wilayah Jember Bagian Utara merupakan dataran tinggi, berbukit  sehingga tidak seproduktif Jember Bagian Selatan yang kondisi tanahnya rendah, datar dan pengairan mudah sepanjang tahun,”ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto mengatakan, salut dan mendukung HKTI Jember yang memiliki ide kreatif seperti ini. “Upaya-upaya seperti ini adalah bagian dari peran kita semua terhadap terwujudnya kemantapan swasembada pangan daerah guna menunjang swasembada pangan nasional,”tegasnya.

Lebih Lanjut Letkol Inf Rudianto menambahkan, demplot ini menggunakan pupuk non subsidi, tentunya ini memberikan edukasi kepada para petani  untuk tidak selalu bergantung pada pupuk bersubsidi. “Hal tersebut tentunya akan mewujudkan kemandirian petani dimasa mendatang,”tuturnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

HKTI Jember dan TNI Siap Jadikan Jember Bagian Utara Produktif Pertanian