TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kehadiran Satgaster dan Pasukan Kerangka Tinombala untuk Memulihkan Kemanan di Poso

By 12 May 2017 19:42Berita Satuan
bra2b

TNI AD – Poso. Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) kembali menyiapkan Satuan Tugas Teritorial (Satgaster TNI) dan Pasukan Kerangka yang akan bertugas dalam operasi pemulihan keamanan dalam Satuan Tugas Operasi Tinombala, di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Selasa (9/5/2017).

Upacara pembukaan latihan pra tugas Satgas Teritorial dan Pasukan Kerangka ini digelar dalam suatu upacara militer dengan Inspektur Upacara Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito, bertempat di Lapangan Yonif 714/SM Kabupaten Poso. Agar program Satgaster ini dapat berjalan dan tepat sasaran, seluruh prajurit TNI yang termasuk dalam Satgas Teritorial ini dibekali dengan latihan pra tugas selama 21 hari.bra2a

Pangdam XIII/Mdk Mayjen TNI Ganip Warsito mengatakan, latihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan tentang karakteristik wilayah operasi dan musuh, penerapan pembinaan teritorial di wilayah operasi serta taktik dan teknik teritorial serta intelijen. “Latihan ini juga diberikan kepada aparat Kodim 1307/PS sebagai Satgas Teritorial dan Yonif 714/SM yang tergabung dalam Pasukan Kerangka,”ujarnya.

Pangdam menyampaikan, selain itu, latihan ini juga menitikberatkan pada peningkatan kemampuan taktik dan teknik dasar kemiliteran, melatih kemampuan komando dan pengendalian pimpinan satuan serta kerja sama dalam menciptakan taktik dan teknik yang efektif dan efisien di lapangan. “Dengan adanya pembekalan ini, diharapkan para prajurit yang terlibat dalam satgas ini dapat melumpuhkan kelompok MIT serta mampu memulihkan keamanan wilayah Poso seperti sedia kala, “ ungkapnya.

“Seluruh prajurit yang melaksanakan latihan pra tugas ini agar mengikutinya dengan sungguh-sungguh dan berpegang pada prinsip lebih baik mandi keringat dalam latihan daripada mandi darah di medan pertempuran,”tegas Mayjen TNI Ganip Warsito.

Pangdam berpesan, sebagai pasukan pemulihan keamanan wilayah Poso, Satgaster ini akan bekerjasama dengan Kepolisian, Pemerintah Daerah dan Instansi terkait lainnya untuk memulihkan stabilitas wilayah dan pemulihan perekonomian masyarakat Kabupaten Poso yang saat ini sedang giat-giatnya melaksanakan program percepatan pembangunan. “Oleh karena itu agar program Satgaster ini dapat berjalan dan tepat sasaran, maka seluruh prajurit TNI yang termasuk dalam Satgas Teritorial ini dibekali dengan latihan pra tugas selama 21 hari.

Latihan pra tugas ini diikuti oleh 100 orang prajurit Kodim 1307/PS yang termasuk dalam Satgas Teritorial dan 200 orang prajurit Yonif 714/SM yang termasuk dalam Pasukan Kerangka.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kehadiran Satgaster dan Pasukan Kerangka Tinombala untuk Memulihkan Kemanan di Poso