TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kemanunggalan TNI Rakyat, Refleksi untuk Atasi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

By 06 May 2017 09:39Kodam VI/Mulawarman
59DANDIN SETYO WIBOWO MEMBACAKAN LAPORAN TMMD DALAM UPACARA

TNI AD – Sangatta. Giat TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98 tahun 2017 Kodim 0909/Sangatta resmi berakhir melalui prosesi upacara penutupan yang digelar di Lapangan Desa Mandu Sejahtera (PS), Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur, Kamis 4 Mei 2017.

Hadir selaku Inspektur Upacara Irdam VI/Mulawarman Kolonel Inf Dwi Wahyu W serta dihadiri oleh 200 undangan termasuk Kasi Intel Korem 091/ASN Kol Inf Zeni, Staf Ahli Pangdam VI/Mlw Kolonel Kav Hafruddin Daeng, dan LO TNI AL Balikpapan Kol laut Sumantri. Dari unsur kelembagaan pemerintahan, turut hadir Bupati Kutim Ismunandar, Wabup Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Mahyunadi, Polres Kutim, sejumlah pimpinan OPD dan camat serta kepala desa. Terdapat 14 pleton dalam upacara pagi itu yang terdiri dari gabungan elemen militer, pemerintahan dan sipil.

WhatsApp Image 2017-05-04 at 22.35.42

Sementara itu, Dandim 0909/Sgt Letkol Inf Setyo Wibowo selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan kepada inspektur upacara. Dalam laporannya dijabarkan sasaran-sasaran yang dicapai selama satu bulan penuh kegiatan, baik sasaran fisik maupun non-fisik.

Sasaran fisik yang dibangun yakni pembuatan jalan baru 2,3 kilometer dengan lebar 12 meter yang menghubungkan Pelabuhan Tungkap Desa Mandu PS dan Desa Saka, pengerasan jalan sepanjang 3,9 km selebar 8 m dari Desa Mandu Dalam menuju air terjun. Kemudian, pembuatan dua lapangan volleyball di Desa Mandu Dalam dan Desa Saka, rehabilitasi Balai Pertemuan Umum Desa Mandu Dalam, rehabilitasi serta pembuatan tempat wudhu Masjid Al-Ikhals Desa Saka.

Dandim melanjutkan, sasaran non-fisik yang disasar meliputi tiga bidang, yakni kesejahteraan dan kependudukan masyarakat, kesadaran hukum, bernegara dan kamtibmas serta kesehatan. Beragam penyuluhan diberikan di tiga desa sasaran berupa pembinaan bidang perikanan dan ketahanan pangan, program KB Kesehatan, pemberdayaan masyarakat dan keagamaan. Satgas juga memfasilitasi penyuluhan wawasan kebangsaan (bela negara) dan anti-narkoba.

Dalam giat kegiatan non-fisik ini, TMMD ke-98 di Sangkulirang melibatkan berbagai instansi pemerintahan terkait dan lembaga hukum seperti Pengadilan Negeri Sangatta dan Polres Kutim sebagai mitra. Laporan TMMD yang telah ditandatangani ini pun diserahkan kepada Bupati Ismunandar sebagai kepala daerah oleh Irdam Kol Dwi Wahyu didampingi Dansatgas Letkol Inf Setyo Wibowo. Penyerahan ini terasa hangat karena sepatah-dua kata Kol Dwi Wahyu kepada Ismunandar agar hasil jerih-payah dan gotong royong TNI bersama masyarakat desa dapat dijaga dengan baik. “Semoga barokah Pak Bupati,” ujar Kol Dwi Wahyu sembari menyerahkan map hitam berisi laporan TMMD ke-98 di kampung halaman sang bupati.

44_MG_4927

Dalam amanatnya, Kol Dwi Wahyu menyampaikan apresiasi mewakili jenderal TNI AD maupun penanggungjawab operasional TMMD kepada setiap kepala daerah dan semua pihak  yang telah bahu-membahu dan saling mendukung dalam program ini. Satu bulan lamanya, kata dia, para prajurit TNI, Polri, pemerintah daerah dan komponen masyarakat telah bekerja keras dengan penuh kebersamaan semangat kemanunggalan yang merupakan refleksi untuk mengatasi persoalan peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Hal ini lah yang menjadi roh perjuangan bangsa dan akan terus kita bangun guna menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara yang bersifat semesta,” sebut Dwi.

Disampaikan pula, secara nasional kegiatan TMMD ke-98 tahun 2017 telah menyelesaikan 357 kegiatan fisik berupa pembangunan dan perbaikan insfrastruktur diantaranya, pembangunan sarana transportasi, pembuatan jembatan, perawatan jalan, pembuatan poskamling, pembuatan gapura, renovasi rumah ibadah, pembangunan sarana sanitasi dan pusat-pusat kegiatan masyarakat.

Beragam atraksi juga mengisi seremoni penutupan TMMD, di antaranya drumband Wadita Prima Sangatta, tari kreasi dan kolosal pelajar SD dan SMP Negeri 02 Sangkulirang desa setempat hingga pembacaan puisi.

Adapun sebanyak 150 personel gabungan membentuk Satuan Tugas (Satgas) TMMD ke-98 ini terdiri dari TNI, Polres Kutim, dan aparatur pemerintah yang dipimpin Dandim 0909 Sangatta Letkol Inf Setyo Wibowo berperan selaku Komandan Satgas (Dansatgas).

Sumber berita : http://kliksangatta.com

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam XIV Hassanudin Kodam VI/Mulawarman Kodam II/Sriwijaya Kodam IX/Udayana Kodam XVI/Patimura Kostrad Kodam Jaya Kodam IV/Diponegoro Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kemanunggalan TNI Rakyat, Refleksi untuk Atasi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat