TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kopassus Gelar Sosialisasi Ekspedisi NKRI 2017

By 25 May 2017 15:59Berita Satuan
10 (1)

TNI AD – Danjen Kopassus dalam sambutannya yang dibacakan oleh Aster Danjen Kopassus Kolonel Inf Sumirating Baskoro selaku Ketua Tim Sosialisasi Ekspedisi NKRI Tahun 2017 Koridor Papua Bagian Selatan di wilayah Jabodetabek menyampaikan terima kasih kepada peserta sosialisasi yang telah hadir di Gedung Tribuana Grup 3 Kopassus untuk menerima acara sosialisasi.

Kegiatan sosialisasi diselenggarakan untuk memperoleh para peserta terbaik, dari hasil proses seleksi yang ketat, yang telah mendaftar secara online di website resmi Ekspedisi NKRI sejak seminggu lalu (Jum’at, 19/5).

10 (2)

Kegiatan sosialisasi yang telah berlangsung selama tiga hari ini dilakukan secara serentak antara lain di daerah Yogayakarta dipusatkan di Universitas Gajah Mada, daerah Bali di Universitas Udayana, daerah Manado di Universitas Sam Ratulangi, Semarang di Universitas Diponegoro, Surabaya di Korem 084/Bhaskara Jaya, Bandung di Kodim 0618/Berdiri Sendiri, Malang di Universitas Merdeka, Medan di Universitas Sumatera Utara, Pontianak di Universitas Tanjungpura.

Sosialisasi di wilayah Jakarta ini diikuti oleh para mahasiswa dan mahasiswi perguruan tinggi se-Jabodetabek, diantaranya dari Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universtas Negeri Jakarta, Universitas Trisakti, Universitas Pancasila, Universitas Bung Karno, Universitas Hamka, Universitas Presiden, Universtas Borobudur, Universitas Dharma Persada, Universitas Islam 45, ISTN Jakarta, Universitas Gunadarma, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Universitas Kristen Indonesia, Universitas Indraprasta PGRI, STMIK Nusa Mandiri, Universitas Al Azhar Indonesia, Universitas Atma Jaya, Universitas Tarakanita, dan Universitas Mercu Buana.

Hampir seluruh kegiatan sosialisasi yang berlangsung di daerah disambut dengan semangat dan antusias yang tinggi dari kalangan mahasiswa dan masyarakat baik yang ada di perguruan tinggi maupun instansi pemerintah dan LSM dan swasta.

Kegiatan Ekspedisi NKRI tahun 2017 akan dimulai bulan Agustus sampai dengan bulan November 2017, diawali dengan pendaftaran dan perekrutan secara online sampai dengan tanggal 18 Juni 2017, untuk selanjutnya dilaksanakan seleksi di Pusdiklatpassus Batujajar dan pembekalan pra-ekspedisi di Situlembang mulai awal Juli 2017.

Materi kegiatan yang dilakukan masih sama dengan sebelumnya, yaitu penjelajahan, penelitian yang meliputi bidang flora- fauna, kehutanan, geologi potensi bencana, sosial budaya dan serbuan teritorial (pengabdian masyarakat).

Tema yang diusung adalah “Peduli Masyarakat dan Lestarikan Alam Indonesia.”
Ekspedisi yang ketujuh ini bekerjasama dengan Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI serta Kementerian terkait digelar di 2 Korwil dengan 5 Subkorwil, yaitu Korwil-1/Merauke, meliputi Subkorwil-1/Merauke di Kabupaten Merauke, Subkorwil-2/Mappi di Kabupaten Mappi dan Subkorwil-3/ Asmat di Kabupaten Asmat, serta Korwil-2/Boven Digul meliputi Subkorwil-4/Tanah Merah dan Subkorwil-5 /Mindiptana di Kabupaten Boven Digul.

Tujuan diselenggarakannya ekspedisi adalah untuk mendata dan meneliti seluruh potensi sumberdaya alam yang ada di Papua Bagian Selatan serta membangkitkan kesadaran masyarakat terhadap wawasan kebangsaan dan bela negara sekaligus memberikan keteladanan kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan melalui program hijau bersih sehat.

Hadir dalam acara sosialisasi ini Koordinator Ekspedisi NKRI 2017 Kolonel Inf Dwi Anggono, para tenaga ahli Jakarta Drs. A. Effendi Soen, Dra. Inggit Puji Astuti, M.Si., Dr. Suhartati M. Natsir, M.Sc., Dr. Ir.Wartika Rosa Farida, Dra. Christantiawati, Pemda Kabupaten Mappi Kabid I Biologi dan Wasbang Wensislaus Angwarmase, Seskesbangpol Kabupaten Mappi Drs. Ngatijo, Ketua Tim Sosialisasi Jabodetabek beserta anggota. (Pen Kopassus)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kopassus Gelar Sosialisasi Ekspedisi NKRI 2017