TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Operasi Teritorial Berhasil, Kepercayaan Masyarakat Pulih

By 30 May 2017 18:35Berita Satuan
bra4a

TNI AD – Poso. Keberadaan prajurit TNI di tengah-tengah masyarakat harus dapat menjadi solusi untuk mengatasi kesulitan masyarakat di sekelilingnya. Salah satu wujudnya adalah dilaksanakannya Operasi Teritorial yang bertujuan membantu Pemerintah Daerah dalam melaksanakan program percepatan pembangunan di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Senin (29/5/2017).

Mabes TNI melalui Kodam XIII/Merdeka menyiapkan para prajurit terbaiknya untuk membantu menumpas sisa-sisa kelompok teroris Mujahidin Indonesia Wilayah Timur (MIT) serta membantu Pemda Kabupaten Poso dalam melaksanakan percepatan pembangunan dan pemulihan keamanan melalui Operasi Teritorial.

bra4b

Seluruh prajurit tersebut telah diberikan pembekalan berupa pengetahuan tentang taktik dan strategi pertempuran, intelijen, hukum dan HAM serta Oterasi Teritorial dalam bentuk latihan pratugas yang telah dimulai sejak 9 – 29 Mei 2017 lalu.

Berakhirnya latihan pratugas ini ditandai dengan upacara penutupan di Lapangan Yonif 714/SM dengan Inspektur upacara Danrem 132/Tdl Kolonel Inf Muhammad Saleh Mustafa selaku Wadanlat mewakili Pangdam XIII/Mdk.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito, SE., M.M dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Danrem 132/Tdl Kolonel Inf Muhammad Saleh Mustafa mengatakan, latihan ini bertujuan untuk membekali seluruh prajurit tentang situasi dan kondisi di medan operasi yang sebenarnya.

Pangdam menyampaikan, Satgaster dan Pasukan Kerangka ini disiapkan untuk membantu memulihkan situasi serta mengembalikan wibawa pemerintah dimata masyarakat. “Saya memerintahkan kepada seluruh prajurit untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya tanpa menyakiti hati rakyat dengan mengedepankan prinsip profesionalitas dan kemanunggalan. Operasi Teritorial ini berhasil, jika kepercayaan masyarakat makin tinggi kepada aparat keamanan dalam memberi rasa aman bagi mereka,”ujarnya.

Upacara penutupan latihan ini diikuti oleh prajurit TNI dan Polri serta dihadiri oleh Wakil Bupati Poso, Ketua DPRD, dan unsur Forkopimda Kabupaten Poso, Dandim 1307/Ps, Pejabat Kolakops Tinombala dan Kadisjan Jajaran Korem 132/Tdl.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Operasi Teritorial Berhasil, Kepercayaan Masyarakat Pulih