TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pantau Ternak Sapi Brahman Cross, Untuk Tingkatkan Produksi Pangan

By 10 May 2017 15:32Berita Satuan
bra9a

TNI AD – Aceh Tenggara. Dandim 0108/Aceh Tenggara (Agara) Letkol Kav Joni Hariadi, S.E, M.T.opsla didampingi Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0108/Agara Kapten Arh Hamdanisyah, S.T bersama Dinas Peternakkan Kabupaten Aceh Tenggara, Babinsa Pendamping Kopda Sarkawi dan anggota Kelompok Tani “Datuk Mugan” Kecamatan Lawe Alas melakukan pengecekan terhadap program penggemukan sapi brahman cross yang merupakan bantuan dana dari APBN tahun 2016 sebanyak 25 ekor yang diperuntukan bagi masyarakat Kabupaten Aceh Tenggara, Senin (9/5/17).

Program yang turut melibatkan Babinsa Kodim 0108/Agara yaitu Kopda Sarkawi dalam melaksanakan pendampingan kepada kelompok tani, tentunya mendapat perhatian besar dari Dandim 0108/Agara.

bra9b

Dengan memantau langsung dan terjun ke lapangan, Dandim 0108/Agara memastikan kembali atas laporan perkembangan sapi yang sudah diterima oleh Koramil 05/Lawe Alas yang sedang menjalankan program pemeliharaan sapi di wilayah binaannya.

Dandim 0108/Agara Letkol Kav Joni Hariadi, S.E, M.T.opsla berpesan kepada kelompak tani Datuk Mugan agar dalam pemeliharaan sapi ini harus dilakukan dengan secara baik mulai dari kesehatan, kebersihan, makanan, dan suplemennya.

“Apapun bentuk program yang dicanangkan oleh pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia, TNI akan selalu siap mendukung dan membantu semaksimal mungkin. Ini adalah suatu bentuk kepercayaan rakyat terhadap TNI, Babinsa dinilai mampu membantu petani dalam peningkatan produksi pangan melalui program Pendampingan peternakan. Dan saat ini, pemerintah telah memberikan amanah kembali kepada Babinsa untuk mendampingi petani dalam menyukseskan program pemeliharaan sapi brahman cross, khususnya di wilayah kerja Kodim 0108/Agara,” ujar Dandim.

Babinsa pendamping Kopda Sarkawi mengatakan, bantuan dari APBN tahun 2016 waktu pemeliharaan sapi tersebut dari bulan November 2016 sampai dengan sekarang, dengan perawatan, makanan serta penyuntikan suplemen dilakukan secara rutin.

“Kami kerjakan secara bersama-sama dengan kelompok tani “Datuk Mugan” sebanyak 25 orang dan bekerja sama dengan Mantri kesehatan Ibrahimsyah dari Dinas Peternakan Kabupaten Agara. Yang dulu awalnya 25 ekor indukan sapi betina brahman cross, sekarang sudah bertambah empat ekor sehingga jumlah sapi tersebut saat ini 29 ekor yang kami ternak bersama kelompok tani di Desa Kubu Kecamatan Lawe Alas Kabupaten Aceh Tenggara,” ungkapnya kepada Dandim 0108/Agara.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pantau Ternak Sapi Brahman Cross, Untuk Tingkatkan Produksi Pangan