TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PMI Bersama TNI dan Dinas Instansi Terkait Gelar Tanam Mangrove

By 13 May 2017 18:45Berita Satuan
9 (1)

TNI AD – Sidorejo. Dalam rangka mencegah abrasi dan melestarikan ekosistem pantai serta kepedulian terhadap warga masyarakat pesisir dilaksanakan kegiatan bakti sosial penanaman 1.500 mangrove oleh PMI yang bekerjasama dengan Kodim 0736/Batang serta Dinas Instansi terkait dan BPBD Batang yang bertempat di Dukuh Siklayu Desa Sidorejo Kecamatan Gringsing, Kamis (11/05/2017).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua PMI Pusat Penanggulangan Bencal Arifin, Ketua PMI Pemprov Jateng Imam Triyanto, Ketua PMI Cabang Batang Taufik Sp, M.Si, PMI American Red Cross Akbar, Ketua PMI Gringsing Suratno beserta anggota, Dandim 0736/Batang Letkol Inf Fajar Ali Nugraha, S.Sos, M.Si, Camat Gringsing Rusmato, Waka Polsek Gringsing Iptu Ahmad Aris, para Danramil, para Babinsa dan Babinkamtibmas Gringsing, Kades Sidorejo H. Wintono beserta perangkat desa, PMR pelajar SLTA Almunawir Gringsing, SMA Negeri 1 Gringsing, SMK Baitul Iksan Gringsing, SMK Sekar Bumi Gringsing, Kwaran Pramuka Kecamatan Gringsing, BPBD Batang, SAR Kecamatan Gringsing serta Ketua Persit KCK Cabang XXIV Dim 0736/Batang Ny. Hilda beserta anggota Persit.9 (7)

Sebelum pelaksanaan kegiatan penanaman mangrove, terlebih dahulu dilaksanakan Apel dalam rangka kesiapan pasukan yang diambil oleh Dandim 0736/Batang Letkol Inf Fajar Ali Nugraha dan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis bibit mangrove.

Dalam kesempatan tersebut Dandim mengatakan, bahwa banyak manfaat yang didapat dari penanaman pohon mangrove ini. “Selain membangun dan pemecah ombak, mangrove juga dapat mengatasi masalah abrasi secara alamiah, karena mangrove merupakan jenis tanaman dengan sistem perakaran yang kompleks, rapat dan lebat, sehingga dapat memerangkap sisa-sisa bahan organik dan endapan yang terbawa air laut dari bagian daratan,” jelas Dandim.

Kemudian Dandim juga menjelaskan bahwa, mangrove juga menyebabkan air laut terjaga kebersihannya dan memelihara kehidupan padang lamun (seagrass) serta terumbu karang. Mangrove juga dapat membentuk daratan karena endapan dan tanah yang ditahannya sehingga menumbuhkan perkembangan garis pantai dari waktu ke waktu. “Pertumbuhan mangrove memperluas batas pantai dan memberikan kesempatan bagi tumbuhan terestrial hidup dan berkembang di wilayah daratan, mangrove juga menjaga pinggiran pantai dari bahaya erosi serta bisa ikut mengatasi buruknya ekosistem di wilayah pantai dan tambak,” lanjut Dandim.

9 (4)

Sementara Ketua PMI Pemprov Jateng Imam Triyanto dalam sambutannya mengatakan bahwa PMI itu selalu menolong sesama tanpa melihat golongan, menolong itu tidak harus langsung pada korban. “Kegiatan penanaman mangrove juga merupakan bagian dari bentuk menolong, karena ini

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PMI Bersama TNI dan Dinas Instansi Terkait Gelar Tanam Mangrove