TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Program Emas Biru Dan Emas Hijau Harus Berjalan Secara Berdampingan

By 26 May 2017 23:29Berita Satuan
bra4

TNI AD – Ambon. Kodam XVI/Pattimura menggelar kegiatan penyerahan Keramba Jaring Apung dan Penebaran Benih Ikan Baramundi 1.000 Ekor, Batuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI kepada masyarakat Kailolo di Pulau Pombo, Pulau Pombo, Waai, Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Hal ini dilakukan sebagai wujud implementasi program emas birunya.

Bantuan Keramba Jaring Apung ini, diawali dari rangkaian kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan RI Ibu Susi Pudjiastuti ke Provinsi Maluku pada awal bulan April 2017. Beliau menyempatkan diri menyaksikan keindahan Pulau Pumbo secara langsung dan melakukan olahraga mendayung ( paddling) di sekitar perairan pulau tersebut.

Saat berjalan menyisir bibir pantai Pulau Pombo, Menteri Susi menemukan banyak sampah plastik berserakan dan langsung mengajak masyarakat setempat untuk melakukan bersih pantai, sampah plastik dikumpulkan dan kemudian dibakar.Menteri Susi berpesan kepada pemerintah daerah yang hadir saat itu, untuk rutin melakukan pengecekan kebersihan pulau-pulau termasuk pulau Pombo.

Dalam waktu tidak lama pesan tersebut segera ditindak lanjuti. Bersama-sama segenap unsur masyarakat, TNI – Polri dan Pemerintah Daerah setempat, melakukan aksi pembersihan pantai di Pulau Pombo dan sekarang kondisi pantai ini sudah bersih.

Selain kegiatan bersih pantai, Menteri Susi juga menyoroti potensi perairan di Maluku yang dapat dioptimalkan pemanfaatannya untuk kegiatan perikanan, semisalnya perairan di sekitar Pulau Pombo. Menteri Susi mempertimbangkan saran masyarakat untuk dapat dipasang Keramba Jaring Apung di perairan Pulau Pombo tersebut atas usul Pangdam XVI/Pattimura.

Raja Negeri Kailolo Bapak Rusdi Marasabessy dalam sambutannya turut memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pangdam XVI/Pattimura dan Pemerintah Provinsi Maluku beserta jajaran. Ucapan terima kasih juga disampaikan atas bantuan yang diberikan.

Dengan adanya Keramba Jaring Apung ini, diharapkan dapat menambah mata pencaharian masyarakat setempat. Selain itu, masyarakat juga diharapkan dapat bertanggung jawab menjaga kelestarian dan kebersihan laut.

Dalam sambutannya Pangdam berpesan, kepada masyarakat Kailolo khususnya para Pembudidaya untuk merawat dan menjaga pantai Pulau Pombo agar tetap bersih dan nyaman serta manfaatkan Keramba Jaring Apung ini sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.

Lebih lanjut Pangdam berharap agar kegiatan seperti ini dapat dilakukan tidak hanya di lakukan di pulau Pombo. Tetapi juga di pulau-pulau lain yang mana sebagian mulai terabrasi oleh air laut. Reboisasi merupakan solusi yang tepat. Jadi Program emas biru dan emas hijau harus berjalan secara berdampingan dan tidak dapat dipisahkan.

Setalah makan siang, rombongan segera menuju Keramba Jaring Apung Pulau Pombo untuk penebaran 1.000 bibit ikan Baramundi secara simbolis oleh Pangdam XVI/Pattimura, Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan (DPK) Provinsi Maluku dan Pgs Kapendam XVI/Pattimura Letkol Arm Sarkistan Sihaloho.

Turut hadir dalam kegiatan, Aster Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf Ali Aminuddin beserta seluruh pejabat Kodam XVI/Pattimura, Kepala balai budidaya kelautan dan perikanan Waaiheru Bapak Ir.Nano Hartono, Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan (DPK) Provinsi Maluku Bpk Romelus Farfar beserta seluruh staf, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat Negeri Kailolo.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Program Emas Biru Dan Emas Hijau Harus Berjalan Secara Berdampingan