TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Program “Rintis Desa”, Berikan Benih Sapi Gratis untuk Warga di TMMD ke 98

By 03 May 2017 16:58Berita Satuan
IMG-20170503-WA0047

TNI AD – Pelaksanaan TMMD ke-98 di wilayah Kodim 0806/Trenggalek, Korem 081/Dsj, tepatnya di Desa Jombok Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek benar-benar dimanfaatkan secara maksimal baik oleh warga setempat maupun instansi dinas terkait. Seperti halnya yang dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Trenggalek yang pada kesempatan ini berkerja sama dengan TNI mensosialisasikan program “Rintis Desa” atau Rekayasa Intensifikasi induk sapi pedesaan, Senin, (1/5/17).

Pada program Rintis Desa ini, tim dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Trenggalek bersama TNI mendatangi rumah penduduk yang memiliki binatang ternak seperti kambing dan sapi. Kedatangan mereka bertujuan untuk memeriksa kesehatan ternak serta memberikan inseminasi buatan atau kawin suntik secara gratis pada sapi warga yang sudah memasuki masa kawin. Saat melakukan inseminasi, peternak/warga bebas memilih jenis bibit sapi, maupun jenis kelamin anakan sapi.

Menurut Ir. Joko Surono selaku ketua tim dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Trenggalek mengatakan, inseminasi atau kawin suntik sapi gratis ini merupakan salah satu program pemerintah untuk masyarakat kecil. Menurutnya, saat ini sudah tidak ada lagi kambing maupun sapi gratis lagi untuk warga, hal itu dikarenakan program tersebut rawan adanya penyelewengan, maka dari itu menurut Joko, program kambing maupun sapi gratis yang dulu pernah ada kini diganti dengan benih serta obat gratis untuk masyarakat maupun peternak.

“Jadi dulu ada program pemerintah yang memberikan sapi dan kambing gratis untuk warga kurang mampu, tapi karena hal itu rawan penyelewengan maka progran tersebut dihentikan dan diganti dengan benih dan obat gratis untuk binatang ternak yang sakit” pungkas Ir. Joko Surono saat ditemui dilokasi.

Ditemui ditempat terpisah, Pasiter Kodim 0806/Trenggalek Kapten Inf Supoto menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya pada dinas terkait yang turut serta ikut mensukseskan program TMMD ke-98 di Kabupaten Trenggalek ini, karena adanya peran serta pemerintah daerah, manfaat besar dari program TMMD ini dapat dirasakan masyarakat.

“Saya ucapkan terimakasih kepada dinas-dinas terkait yang ikut serta mensukseskan TMMD ini, sekarang masyarakat dapat merasakan maanfaat dengan adanya program TMMD ini, semoga kedepan kemanunggalan TNI dan rakyat dapat terus terjalin, karena TNI lahir dari rakyat, untuk rakyat dan akan selamanya mengabdi pada rakyat”, ujar Supoto.

Dusun Ngading, Desa Jombok, Kecamatan Pule, Trenggalek terpilih sebagai sasaran Program pembangunan TMMD ke-98 di wilayah Korem 081/Dsj, Kodim 0806 Trenggalek. Dalam TMMD kali ini selain sasaran fisik juga sasaran non fisik yang bekerja sama dengan dinas terkait untuk melakukan berbagai kegiatan seperti penyuluhan-penyuluhan yang dapat menambah ilmu serta wawasan kepada masyarakat.(pen81)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Program "Rintis Desa", Berikan Benih Sapi Gratis untuk Warga di TMMD ke 98