TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Satgas TMMD Hadirkan Bios 44 untuk Meningkatkan Produktivitas Perikanan

By 03 May 2017 16:39Berita Satuan
IMG-20170503-WA0041

TNI AD – Palembang. Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98 Kodim 0418/Plg menghadirkan Bios 44 untuk meningkatkan produktivitas perikanan masyarakat pedesaan, bertempat di Kelurahan Bukit Baru, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (2/5/2017).

Komandan SSK Satgas TMMD Kodim 0418/Plg Kapten Inf Fariq Abduh mengatakan, kegiatan TMMD hari ke- 27 ini dapat berjalan dengan rencana dan secara umum pembangunan fisik sudah mencapai 100% dari target yang telah ditentukan. “Pada kegiatan non fisik, personel Satgas TMMD terus bekerja membantu kesulitan masyarakat di wilayah pelaksanaan TMMD,”ujarnya.

Kapten Inf Fariq Abduh menyampaikan, kegiatan fisik yang sudah rampung meliputi, pembuatan badan jalan sepanjang 1.200 m, pengecoran jalan 200 x 3 m, pembuatan jembatan 6 x 4 m, pembuatan gorong-gorong 2 unit, rehab Mushola 2 unit, pembuatan MCK 2 unit, pembuatan Pos Kamling 2 unit dan bedah rumah 2 unit. “Untuk membantu masyarakat dalam produktivitas hasil perikanan, Satgas TMMD ke-98 Kodim 0418/Palembang memberikan bantuan Bios 44 kepada masyarakat yang membudidayakan ikan,”ungkapnya.

“Bios 44 hasil inovasi Korem 044/Gapo ini merupakan gabungan mikro organisme yang pada mulanya digunakan untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan, kini telah berkembang untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian maupun perikanan. Saat ini juga Bios 44 juga telah digunakan untuk meristorasi lahan bekas tambang yang tandus menjadi lahan yang subur dan dapat dimanfaatkan sebagai lahan pertanian,”tutur Kapten Inf Fariq Abduh.

Komandan SSK Satgas TMMD ke-98 Kodim 0418/Palembang Kapten Inf Fariq menerangkan, kegiatan ini adalah untuk membantu kesulitan masyarakat dalam budidaya ikan yang ada di wilayah penyelenggaraan TMMD. “Kehadiran Satgas TMMD dapat memberikan manfaat bagi warga dan ke depannya diharapkan dapat meningkatkan hasil perikanan petani,”sambungya.

Sementara itu, Bambang (45 tahun) warga masyarakat Kelurahan Bukit Baru yang kolamnya diberi Bios 44 mengatakan, sangat senang dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Satgas TMMD ke 98 Kodim 0418/Palembang karena dengan bantuan pemberian Bios 44 ini dapat meningkatkan hasil panen ikan nantinya. “Selama ini air kolam terasa agak masam, sehingga ikan yang dipelihara banyak yang mati, akhirnya hasil panen sedikit. Dengan diberi Bios 44 ini, airnya jadi normal dan ikan dapat tumbuh dengan baik dan tidak mati lagi” terangnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Satgas TMMD Hadirkan Bios 44 untuk Meningkatkan Produktivitas Perikanan