TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tim Ton Tangkas Kodam IV/Diponegoro Raih Juara Harapan I

By 23 May 2017 17:57Berita Satuan
1

TNI AD – Bandung. Tim Peleton Tangkas Kodam IV/Diponegoro berhasil meraih juara harapan I lomba Peleton Tangkas Angkatan Darat periode I yang dilaksanakan dari tanggal 12-22 Mei 2017, di Pusdikif, Cipatat, Jawa Barat.

Keberhasilaan Tim Ton Tangkas Kodam IV/Dip ini diiperoleh dari lomba Permildas yang meraih juara I dan HTF meraih juara III. Namun secara keseluruhan Tim Ton Tangkas Kodam IV/Diponegoro yang diwakili Peleton SLT Kibant Yonif Raider 400/BR berada pada urutan 4 atau juara harapan I. Juara I diraih oleh Raider 500 Kodam V/Brawijaya, juara II Raider 200 Kodam II/Sriwijaya dan juara III diraih Divif-2/Kostrad.

Sebagai juara harapan I, Tim Ton Tangkas Kodam IV/Diponegoro berhak menerima piagam penghargaan dan uang pembinaan sebesar Rp. 50.000.000,-. Hadiah diserahkan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono setelah upacara penutupan lomba Peleton Tangkas TNI AD Periode I tahun 2017, di lapangan Yudha Wastu Pramuka, Pusdikif, Cipatat.

Kasad Jenderal TNI Mulyono mengatakan, lomba Peleton Tangkas TNI AD Periode I tahun 2017 kali ini, merupakan ”Special Edition”, karena lomba ini pertama kali diikuti oleh 2 Kodam baru, yakni Kodam XIII/Merdeka yang diwakili oleh Yonif 715/Motuliato dan Kodam XVIII/Kasuari yang diwakili Yonif Raider Khusus 752/Vira Yudha Sakti. “Ajang lomba kali ini pesertanya juga berasal dari satuan-satuan Raider dan Para Raider yang merupakan satuan tempur andalan TNI AD,”ujarnya.

Kasad menyampaikan, pelaksanan lomba Peleton Tangkas ini merupakan upaya pembinaan membangun jiwa korsa dan sportivitas yang tinggi sebagai dasar terbentuknya karakter jati diri prajurit Angkatan Darat dalam menjawab tuntutan dan tantangan yang semakin komplek dan dinamis. “Penampilan prajurit merupakan tolok ukur keberhasilan peningkatan pembinaan satuan yang dilaksanakan oleh para komandan satuan yaitu terwujudnya prajurit yang memiliki disiplin dan fisik yang prima, jago dalam menembak, serta bela diri maupun berperang,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Kasad mengapresiasi kegigihan para prajurit karena sebagian besar pencapaian nilai rata-rata perlombaan meningkat dan memenuhi standar. Materi renang militer yang semula nilai rata-rata 83,7 meningkatkan menjadi 85,7;menembak pistol yang semula nilai rata-rata 76,3 kini meningkat menjadi 76,6 dan Garjas A semula rata-rata 83,1 meningkat menjadi 89,2. “Keberhasilan hanya dapat diperoleh dengan latihan yang keras dan sistematis terarah dan terukur serta dengan perencanaan dan persiapan yang matang,” tambahnya.

Sementara itu, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman mengucapkan terima kasih atas prestasi yang diraih tim Ton Tangkas Peleton SLT Kibant Yonif Raider 400/BR. “Saya berharap kedepan para prajurit perlu persiapan yang lebih matang lagi untuk menghadapi lomba selanjutnya. “Jadikan keberhasilan ini sebagai pemacu semangat seluruh satuan di Kodam IV/Diponegoro untuk menjadi yang terbaik,”pesannya.

Lomba Ton Tangkas Periode I Tahun 2017 diikuti 17 peserta yang terdiri dari 15 Kodam dan 2 Divisi Infanteri Kostrad, dengan materi lomba renang militer, Garjas A, menembak pistol, ilmu medan, lintas medan, menembak senapan, Permildas, dan HTF.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tim Ton Tangkas Kodam IV/Diponegoro Raih Juara Harapan I