TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI AD Juarai Lomba Tembak AASAM 2017

By 30 May 2017 20:02Dinas Penerangan
IMG-20170530-WA0014

TNI AD- Jakarta. Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono menerima laporan kembalinya Kontingen TNI AD yang telah selesai mengikuti Lomba Tembak Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) 17 Tahun 2017 di Puckapunyal, Australia, Selasa (30/5/2017) di Aula Serba Guna Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta.

Kepala Staf Angkatan Darat dan pribadi maupun atas nama seluruh keluarga besar TNI AD mengucapkan selamat datang kembali di tanah air kepada Kontingen AASAM 2017, disertai ucapan terimakasih yang tulus serta apresiasi yang setinggi-tingginya atas prestasi yang telah diraih, yaitu mempertahankan predikat Juara Umum untuk ke-10 kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2007.

IMG-20170530-WA0015

Lomba Tembak tahunan AASAM yang diselenggarakan di Australia, merupakan event Lomba Tembak Angkatan Darat berskala internasional yang diikuti negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Lomba ini memiliki nilai yang sangat strategis sebagai ajang unjuk keterampilan dan kemampuan prajurit Angkatan Darat khususnya dalam menembak.

TNI AD telah berpartisipasi dalam Lomba Tembak AASAM sejak tahun 2005 dan mulai tahun 2008 berhasil menjadi juara umum secara berturut-turut. Pada AASAM 17 tahun 2017 yang diikuti oleh 20 negara ini, Kontingen TNI AD kembali berhasil mempertahankan juara umum untuk yang ke-10 kalinya dengan perolehan nominal medali 28 Emas, 6 Perak dan 5 Perunggu dari 68 medali emas yang diperebutkan. Kontingen TNI AD pada lomba AASAM 2017 ini dipimpin Komandan Kontingen Letkol Inf Josep T. Sidabutar dengan 14 orang anggota Kontingen.

Bukan suatu tugas yang ringan untuk dapat mempertahankan gelar juara umum yang telah diraih selama 10 tahun berturut-turut ini. Terlebih lagi apabila dihadapkan pada situasi dan dinamika selama pelaksanaan lomba di negara lain. Hal ini menunjukkan betapa tangguhnya Kontingen Petembak TNI AD. Terlebih lagi, pada tahun ini, senjata yang digunakan oleh Kontingen TNI AD diproduksi di dalam negeri oleh PT. Pindad.

Keberhasilan ini juga membuktikan kepada Angkatan Darat negara-negara sahabat, bahwa TNI AD terus membangun diri menjadi tentara modern yang profesional menuju World Class Army yang tangguh dan patut dibanggakan rakyat, bangsa dan negaranya. Kemenangan ini juga menjadi ajang show of force kemampuan prajurit dan Alutsista TNI AD yang tidak kalah dengan kemampuan dan Alutsista Angkatan Darat negara lain, sekaligus menjadi deterrent effect atau daya tangkal yang efektif dalam konteks diplomasi militer internasional.

Berdasarkan data perolehan medali dari tahun ke tahun, tuan rumah Australia yang pada AASAM 2016 hanya menduduki peringkat ke-4 dengan 4 medali emas, tahun ini berhasil duduk sebagai runner up dengan 14 medali emas. Sementara itu Jepang yang pada AASAM 2016 hanya meraih 4 medali emas, pada tahun ini berhasil meraih 10 medali emas. Demikian pula, kontingen Filipina yang merupakan pendatang baru, berhasil memperoleh 4 emas, dan berada di posisi ke-4 klasemen umum.

Secara khusus, Kasad Jenderal TNI Mulyono juga mengucapkan selamat kepada Serda Woli Hamsan yang memperoleh penghargaan sebagai petembak terbaik pada kategori perorangan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI AD Juarai Lomba Tembak AASAM 2017