TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tradisi Penerimaan Pejabat Baru dan Pengantar Tugas Danrem 091/Asn

By 23 May 2017 23:01Berita Satuan
19

TNI AD – Samarinda. Acara tradisi satuan merupakan salah satu kegiatan yang dapat menumbuhkan rasa kebanggaan dan kecintaan terhadap satuan serta memotivasi semangat juang dalam menghadapi tugas-tugas dimasa mendatang. Disamping itu acara tradisi satuan dapat dimaknai sebagai wujud ketulusan dan kehormatan satuan dalam menerima pejabat baru. Hal ini dikatakan Danrem 091/Asn Brigjen TNI Makmur Umar, S.AP., M.M. pada acara penerimaan dan pengantar Komandan Korem 091/Asn di Makorem 091/ASN Jl. Gajah Mada Samarinda, Rabu 17 Mei 2017.

Danrem 091/Asn pada kesempatan tersebut jug menyampaikan bahwa Korem 091/Asn membawahi 12 Kodim dan satu Batalyon Infanteri 611/Awl ditambah satuan Balak Aju Kodam VI/Mulawarman yang berada di Samarinda. Disamping itu Korem 091/Asn juga mempunyai tugas pengamanan wilayah perbatasan darat RI dengan Malaysia yang berada di tiga Kodim yaitu Kodim 0910/Malinau, Kodim 0911/Nunukan dan Kodim 0912/Kutai Barat. “Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara akan selalu kondusif karena Korem 091/Asn dan jajarannya selama ini telah berperan aktif dalam semua aspek kegiatan masyarakat baik melalui TMMD, Bhakti TNI, KB Kes, Penanaman pohon dan sebagainya” ungkap Danrem menjelaskan tentang kondisi dan situasi wilayahnya.

Acara tradisi penerimaan calon pejabat Komandan Korem 091/Asn Kolonel Inf Irham Waroihan, S.Sos. di awali dengan prosesinya penyambutan dengan pengalungan bunga dan penyerahan bunga tangan kepada Ny. Yuni Irham Waroihan di depan pintu gerbang utama Makorem 091/Asn dilanjutkan dengan terima jajar kehormatan regu jaga Kesatrian Makorem 091/Asn. Calon pejabat Danrem dan istri memasuki areal Makorem disambut oleh para Komandan satuan, Kabalak, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS serta ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana se-jajaran Korem 091/ASN sambil menyanyikan lagu Mars Mulawarman.

Setelah itu calon pejabat Komandan Korem 091/Asn Kolonel Inf Irham Waroihan, S.Sos. dan ibu melaksanakan ritual tepung tawar yang di iringi dengan tarian dan alunan musik sape khas adat dayak bahau. Acara dilanjutkan dengan tradisi penerimaan dan prosesi penciuman dhuaja Korem 091/Asn di ruang Hall Makorem 091/Asn dilanjutkan dengan penandatanganan buku korps raport masuk satuan. Dalam acara tradisi tersebut, Persit juga melaksanakan kegiatan Paripurna di ruang Yudha Makorem 091/ASN.

Memasuki acara pokok yakni pengantar Danrem 091/Asn Brigjen TNI Makmur Umar, S.AP., M.M. dan Ibu dimulai dengan tradisi mencium Dhuaja Korem 091/ASN, selanjutnya didampingi istri Ny. Chandra Makmur menerima pengalungan Bunga oleh Kasrem 091/ASN Kolonel Arh Rikas Hidayatulah dan menuju keluar diiringi seluruh pejabat Korem 091/ASN dilakukan upacara pedang pora. Seremonial Kemiliteran ini sekaligus mengantarakan Danrem dan istri menuju Gerbang Makorem 091/ASN yang selanjutnya akan bertugas sebagai sebagai Waaspam Kasad. Kendati demikian, serah terima jabatan Danrem 091/Asn akan dilakukan pada 23 Mei mendatang di Makodam VI/Mlw oleh Pangdam VI/Mlw, Mayjen TNI Sonhadji.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tradisi Penerimaan Pejabat Baru dan Pengantar Tugas Danrem 091/Asn