TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

1000 Anak Yatim Piatun se-Balikpapan Buka Puasa Bersama Pangdam VI/MLW

By 10 Jun 2017 21:11Berita Satuan
10__1_

TNI AD – Balikpapan. Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Sonhadji, S.IP., M.M., mengadakan buka puasa bersama dengan mengundang anak Yatim Piatu dari Panti Asuhan yang ada di wilayah Balikpapan. Kegiatan buka bersama tersebut berlangsung di Lamin Mulawarman Balikpapan, Kamis (8/6/2017).

Dalam sambutannya Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Sonhadji, S.IP., M.M., menyampaikan ucapan terima kasih kepada hadirin dan undangan yang sudah hadir pada acara buka puasa bersama ini. “Mudah-mudahan di bulan suci Ramadhan ini akan semakin menambah keimanan, ketaqwaan dan amal ibadah serta mendapatkan ridho dari Allah SWT,” tutur Pangdam.

10__2_

“Melalui kegiatan seperti ini, kita dapat saling bertatap muka, bersilaturahim sehingga akan lebih memperkuat ikatan kebersamaan dan persaudaraan sehingga diharapkan tercipta suasana kekeluargaan yang harmonis diantara kita”, ujar Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam mengemukakan, ” Ibadah puasa bukan sekedar kewajiban tahunan yang diperintahkan Allah SWT bagi orang-orang yang beriman agar mereka menahan lapar dan dahaga. Tetapi lebih dari itu, puasa memiliki implikasi terhadap individu maupun sosial. Ibadah puasa merupakan media pengabdian dan sarana ibadah untuk meningkatkan kualitas diri serta sebagai wahana penyucian diri, pembinaan moral dan penambahan kualitas spiritual. Karena selama berpuasa kita dituntut untuk menjaga diri dari segala macam perbuatan yang dapat menodai kesucian jiwa raga dan melemahkan kekuatan moral spiritualnya.”

Kemudian Pangdam mengatakan bahwa ibadah puasa mendidik manusia agar dapat menahan segala hawa nafsu. “Ibadah puasa juga merupakan satu cara untuk lebih jujur, amanah, ikhlas, penyabar, pemaaf dan berbuat tanpa pamrih serta mendidik diri kita agar mampu menahan dorongan hawa nafsu dan lebih bersabar menahan emosi, walaupun barangkali itu sangat berat untuk dilakukan, dengan berpuasa akan membentuk pola hidup kita yang sederhana dan mencerminkan pribadi yang bermental utuh dan suci/fitrah, karena selama berpuasa akan mendidik sifat-sifat terpuji, seperti jujur, pemaaf, penyabar, disiplin dan ikhlas,” ungkap Pangdam.

Menyinggung masalah Teroris Marawi Filipina, berkaitan dengan maraknya kasus tersebut saat ini, Pangdam memerintahkan kepada jajarannya agar lebih meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan di masing-masing wilayahnya terutama di pulau terluar wilayah Kaltara.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Brigjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Staf Ahli Pangdam, LO TNI AL, LO TNI AU, para Asisten Kasdam, para Kabalak, para Komandan Satuan Jajaran Kodam VI/Mlw.

Buka puasa bersama diisi Tausiyah atau siraman rohani yang disampaikan oleh Ustadz Irfanuddin, S.Sos.Kemudian dilanjutkan buka puasa bersama serta dengan shalat Magrib secara berjamaah dan shalat Terawih berjamaah.

Selesai kegiatan tersebut, Pangdam VI/Mlw didampingi Ketua Persit KCK PD VI/Mlw Nyonya Ossy Sonhadji memberikan bingkisan dan tali asih kepada anak-anak panti asuhan yang ada di Balikpapan. (Pendam 6)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

1000 Anak Yatim Piatun se-Balikpapan Buka Puasa Bersama Pangdam VI/MLW