Skip to main content
Dinas Penerangan

Dengan Pancasila, Indonesia Adalah Harapan dan Rujukan Masyarakat Internasional

Dibaca: 125 Oleh 01 Jun 2017Januari 22nd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Jakarta. Dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan.

Demikian Amanat Presiden yang dibacakan Wakasad Letjen TNI Hinsa Siburian yang bertindak selaku Irup pada Upacara Hari Pancasila, bertempat di Lapangan Upacara, Mabesad, Jakarta, Kamis (1/6/2017).

KAM_0827

Diawal amanatnya, Presiden mengatakan bahwa hari ini merupakan Peringatan Hari Lahir Pancasila untuk yang pertama kalinya.

Kemudian Presiden mengatakan upacara yang diselenggarakan hari ini merupakan bentuk komitmen untuk mendalami nilai-nilai Pancasila. “Upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” kata Presiden.

Lebih lanjut Presiden mengatakan bahwa jiwa besar founding fathers yang mempersatukan bangsa Indonesia. “Jiwa besar para founding fathers, para ulama, dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita,” ujar Presiden.

KAM_0996

Pada kesempatan ini, Presiden juga mengingatkan bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk bangsa Indonesia adalah keberagaman dan mewaspadai gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. “Kita juga harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila,” pesan Presiden.

Baca juga:  Jenderal TNI Andika Perkasa Lakukan Pertemuan Bilateral dengan Enam Kasad Negara Sahabat

Di akhir amanatnya, Presiden mengajak seluruh komponen bangsa Indonesia untuk menjaga Pancasila, menjaga perdamaian, menjaga persatuan, dan menjaga persaudaraan di antara anak bangsa.

Upacara diikuti oleh Kelompok Pasukan Upacara Pati, Pamen, Pama, Bintara, Kowad dan ASN di lingkungan Mabesad. (Dispenad).

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel