TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Jadikan Hikmah Nuzul Qur’an Sebagai Sarana Peningkatan Keimanan dan Ketakwaan

By 17 Jun 2017 21:19Berita Satuan
2b

TNI AD – Ambon. Kodam XVI/Pattimura menggelar kegiatan perayaan Nuzul Qur’an 1438/2017 M yang digelar di Masjid Al Itihad belakang Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, yang dipimpin oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo, Jumat (16/6/2017).

Kegiatan yang mengusung tema “Jadikan Hikmah Nuzul Qur’an 1438/2017 M Sebagai Sarana Peningkatan Keimanan Dan Ketakwaan, Kepedulian serta kebersamaan prajurit TNI AD Dengan Masyarakat Guna Mewujudkan Prajurit Yang Kuat, Hebat, Profesional Dan Dicintai akyat”.

2a

Kegiatan ini, dihadiri oleh Irdam XVI/Pattimura, Pa LO TNI AL, Para Asisten Kasdam, Kabalag dan Prajurit, PNS kodam XVI/Pattimura serta Ibu Persit KCK yang berjumlah kurang lebih 100 orang.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran (Saritilawah Al Qur’an) beserta pembacaan artinya. Selanjutnya, kegiatan diisi dengan siraman rohani oleh Ustadz Sodik M.Pd., yang mengangkat tema Hikmah Nuzulul Qur’an.

Dalam ceramahnya Ustadz Sodik M.Pd., menyampaikan Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk dan menjadi pembeda antara yang hak dengan yang bathil dan Al Qur’an yaitu kitab yang diberkahi, pemberi cahaya, pembeda hak dan bathil, obat penyakit hati dan jiwa. Oleh karena itu kita diwajibkan pula untuk mempelajari kandungan Al Qur’an, yakni mengerti pesan-pesan Al Qur’an, tafsirnya, hukum-hukum, perintah, larangan, dan nasehat yang terkandung dalam Al Qur’an.

Dalam sambutannya Kabintaldam XVI/Pattimura Kolonel Inf Kosasih, S.E., menuturkan, peringatan Nuzul Qur’an ini merupakan ajang dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Mari kita ambil hikmah turunnya Al Qur’an ini dimana Al Qur’an merupakan sebagai obat atau penawar bagi orang yang yakin kepada Allah Swt. ”Mari dalam 10 hari terakhir bulan puasa Ramadhan ini, kita manfaatkan dengan melakukan hal-hal positif seperti membaca Al Qur’an, memperbanyak bersedekah dan memperbanyak melaksanakan shalat sunah dll, semoga kita mendapat ampunan Allah SWT,” ujar Kabintal.

Diakhir acara, Kodam XVI/Pattimura juga memberikan penyerahan 1.000 paket sembako Ramadhan yang bekerja sama dengan
Tahir _Foundation_ kepada anak yatim piatu dan ibu-ibu Warakawuri yang ada di sekitar lingkungan Masjid Al Itihad.(Pendam 16)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Jadikan Hikmah Nuzul Qur'an Sebagai Sarana Peningkatan Keimanan dan Ketakwaan