Skip to main content
Kodam Iskandar Muda

Kodim Aceh Barat Gelar Outbound dalam Pekan Pancasila

Dibaca: 162 Oleh 08 Jun 2017Januari 22nd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Meulaboh. Kodim 0105/Abar menggelar acara Outbound pada kegiatan Pekan Pancasila dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila dengan tema “Aku Indonesia, Aku Pancasila” di halaman Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Meulaboh, Rabu (7/6/2017).

10__2_

Acara yang diikuti oleh 205 orang pelajar tersebut bertujuan untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila dan untuk menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila, sehingga diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Materi penyelenggaraan Pekan Pancasila meliputi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) tentang Pancasila yang disampaikan oleh Dandim 0105/Abar Letkol Inf Herry Riana Sukma sedangkan materi Kebhinnekaan Tunggal Ika disampaikan oleh Kapten Inf Mazwar AR. Sementara untuk permainan Outbound dan PBB dibawah koordinator Bintara Staf Ter dan Staf Ops serta beberapa orang Babinsa.

Dandim 0105/Abar Letkol Inf Herry Riana Sukma dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan Pekan Pancasila dilaksanakan agar generasi muda paham dan setia kepada Pancasila sebagai Ideologi bangsa dan negara Indonesia, serta jadikan Pancasila sebagai pedoman pada kehidupan sehari-sehari.

Baca juga:  Danrem 011/Lilawangsa Sambangi Ulama Aceh Utara

Dalam acara itu, para pelajar pun diajak lebih mengenal tentang Pancasila, salah satunya yaitu dengan cara tampil untuk mengucapkan lima sila Pancasila tanpa menggunakan teks.

“Itu dalam upaya memicu kemampuan para siswa untuk memahami, menghayati, dan mengamalkan Pancasila, sehingga lima sila Penghasila ini tidak hanya dihafalkan saja, tetapi harus diamalkan dengan baik yang pada akhirnya kita cinta tanah air, cinta bangsa dan cinta Negara,” ungkap Dandim.

Sementara Kepala MAN 1 Meulaboh Drs. Suhadi menyambut baik kegiatan ini karena dapat meningkatkan jati diri anak-anak dalam menangkal hal negatif. Diharapkan kegiatan seperti ini tidak hanya dalam pekan pancasila tetapi dapat berlanjut di waktu kedepan.

Sementara itu, materi outbound yang dilaksanakan antara lain tongkat estafet, Boduzer, permadani terbang, hulahop, water estafet dan memindahkan bola dengan tali serta materi baris-berbaris.

“Saya sangat senang mengikuti kegiatan outbond ini, karena sangat menarik dan penuh tantangan,” ucap salah seorang siswa. (Pendam IM)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel