Skip to main content
Akademi Militer

Maknai Peringatan Nuzulul Qur’an Lebih Utuh dan Benar

Dibaca: 233 Oleh 13 Jun 2017Januari 22nd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Magelang. Seluruh Organik Akademi Militer, baik Militer, PNS serta seluruh peserta didik Akademi Militer Taruna dan Taruni maupun Siswa Dikmapa PK TNI menghadiri peringatan malam Nuzulul Quran 1438 H, bertempat di Masjid Al Jihad, Akmil Magelang, Senin (12/6/2017).

Kegiatan diawali dengan berbuka puasa bersama kemudian dilanjutkan shalat Maghrib berjamaah dan dilanjutkan ramah tamah kemudian dilanjutkan dengan sholat Isya dan shalat Tarawih berjamaah.

Gubernur Akmil Mayjen TNI Arif Rahman mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada K.H. Drs. Achmad Labib Asrori. S.E., M.M., yang telah berkenan hadir untuk memberikan ceramah dan tausiah peringatan Nuzulul Qur’an kepada Taruna-Taruni dan Organik Akmil di Ksatrian Akademi Militer.

bra5b

Gubernur Akmil mengatakan, peringatan Nuzulul Qur’an dilaksanakan pada siang hari ini dimaksudkan untuk meningkatkan keimanan terhadap Kitab suci Al Qur’an. Diturunkannya Al Qur’an bukan untuk mempersulit kehidupan umat manusia selama di dunia, tetapi untuk memberikan jalan yang mudah menuju kehidupan di akhirat kelak, terutama bagi orang-orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. “”Itulah sebabnya Al Qur’an mempunyai beberapa fungsi antara lain, sebagai petunjuk ke jalan yang benar dan diridhoi Allah SWT, sehingga dapat mengantarkan kepada harkat dan martabat yang mulia di sisi Allah SWT,” ujarnya.

Baca juga:  Peringatan Tahun Baru Hijriyah 1437/2015 Di Akmil

Lebih lanjut Mayjen TNI Arif Rahman menyampaikan bahwa Al Qur’an juga sebagai pembeda antara yang Haq dan yang Batil, agar manusia tidak terjerumus dan bergelimang dalam kebatilan yang dimurkai oleh Allah SWT. “Al Qur’an juga sebagai penerang terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi oleh umat manusia, sehingga dapat diselesaikan secara gamblang dan jelas serta dapat diterima oleh semua pihak. Selain fungsi-fungsi Al Qur’an tersebut, Al Qur’an mempunyai kandungan isi, antara lain mencakup masalah keimanan, keislaman, akhlak, janji dan ancaman serta sejarah atau kisah-kisah umat terdahulu,” ungkapnya.

Dengan langkah seperti ini, Gubernur Akmil yakin dan percaya bahwa para Taruna-Taruni nantinya dapat menjadi pemimpin-pemimpin yang tidak saja profesional dalam bidangnya, pemimpin-pemimpin yang bermoral, bertaqwa, berdisiplin dengan tingkat pengendalian diri yang tinggi, sehingga tugas apapun yang dibebankannya dapat dilaksanakan dengan baik. “Begitu juga dengan para Organik Akmil dapat dijadikan sebagai landasan moral, agar tugas pokok yang dipercayakan dan dibebankan dapat dilaksanakan dengan baik dan sukses,” tuturnya.

Baca juga:  TARUNA/I AKMIL BERIKRAR DI PUNCAK TIDAR

Diakhir sambutannya, Gubernur Akmil mengajak seluruh hadirin untuk menyimak dengan seksama kajian secara lebih mendalam tentang arti dan hikmah Nuzulul Qur’an yang akan disampaikan oleh K.H. Drs. Achmad Labib Asrori. S.E., M.M., agar pengetahuan dan wawasan didalam memaknai peringatan Nuzulul Qur’an lebih utuh dan benar serta dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari dan kedinasan secara baik dan benar.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Wisnoe P.B., para Pejabat Distribusi Akmil, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Akmil beserta Pengurus dan Pengurus Yayasan Kartika Jaya.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel