TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pekan Pancasila untuk Memperdalam Pemahaman, Penghayatan dan Pengamalan Pancasila

By 15 Jun 2017 16:44Berita Satuan
bra4a

TNI AD – Palembang. Untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dan jiwa patriotisme pada generasi muda yang dinilai mulai menurun, Kodim 0405/Lahat menyelenggarakan Pekan Pancasila yang diikuti oleh ratusan pelajar dari SMP Negeri 4 Lahat dan SMA Negeri 1 Tanjung Sakti serta Perguruan Muhammadiyah di Kecamatan Jarai, Rabu (14/6/2017).

Dandim 0405/Lahat yang diwakili oleh Pasiter Kodim 0405/Lahat Kapten Inf Agus Subaktio mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan Pekan Pancasila yang mengambil tema “Saya Indonesia, Saya Pancasila” diantaranya adalah untuk mengingatkan kembali tentang dasar-dasar Pancasila terutama kepada generasi muda sehingga nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila bisa dipahami.

bra4b

“Kegiatan Pekan Pancasila merupakan tindak lanjut dari perintah Komando atas yang laksanakan di wilayah Kodim masing-masing untuk memperdalam pemahaman, penghayatan dan pengamalan Pancasila,” jelas Pasiter.

Kegiatan Pekan Pancasila di wilayah Kodim 0405/Lahat ini diawali dengan pembekalan tentang Wawasan Kebangsaan di dalam ruangan dan dilanjutkan dengan berbagai kegiatan materi dan permainan Outbond di halaman sekolah.

Pemberi materi ceramah tentang Wawasan Kebangsaan di SMP Negeri 4 Lahat oleh Danramil 405-03/Kikim Kapten Inf Heru Winardi yang diikuti 200 pelajar dan di SMA Negeri 1 Tanjung Sakti disampaikan oleh Danramil 405-11/Tanjung Sakti Kapten Chb Purwadi yang diikuti oleh 150 pelajar. Sedangkan di Perguruan Muhammadiyah Kecamatan Jarai yang diikuti 110 peserta dibawakan oleh Danramil 405-08/Jarai Kapten Inf Ferryson.

Adapun kegiatan di luar ruangan materi Outbond yang merupakan materi ringan difokuskan untuk membangun karakter generasi muda, memupuk kebersamaan, kerja sama tim dan kekompakan, serta semangat pantang menyerah. Kegiatan ini dipandu oleh para Bati Tuud Koramil dan dibantu Babinsa dengan jenis permainan meliputi Baris Berbaris (PBB), Bola Tali, Water Estapet, Holahop, Tongkat Estapet, Buldoser dan Permadani Terbang serta materi hiburan berupa Stand Up Komedi.

“Materi Outbond merupakan suatu permaninan di lapangan dengan penuh semangat dan kegembiraan, juga permainan ini untuk membentuk jiwa korsa dan kebersamaan antar sesama,” terang salah seorang Bati Tuud.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pekan Pancasila untuk Memperdalam Pemahaman, Penghayatan dan Pengamalan Pancasila