TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Teguhkan Komitmen Bersama untuk Mengamalkannya

By 02 Jun 2017 23:01Berita Satuan
bra5

TNI AD – Ambon. Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2017, bertempat di lapangan Makodam XVI/Pattimura, Ambon, Kamis (1/6/2017).

Presiden RI Ir.Joko Widodo dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Pangdam mengatakan, upacara ini meneguhkan komitmen agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Lebih lanjut Presiden Ir.Joko Widodo menuturkan, kehidupan berbangsa dan bernegara sedang mengalami tantangan. “Kebinnekaan kita sedang diuji. Saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebinnekaan dan keikaan kita. Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Masalah ini semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong,”ujarnya.

Presiden mengungkapkan, belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. “Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri. Dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan,”tegasnya.

Presiden menyampaikan, telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila. Bersama seluruh komponen bangsa, lembaga baru ini ditugaskan untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang terintegrasi dengan program-program pembangunan pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai program lainnya, menjadi bagian integral dari pengamalan nilai-nilai Pancasila,”tuturnya.

Diakhir amanatnya Presiden menghimbau, agar seluruh komponen masyarakat menjaga perdamaian, menjaga persatuan, dan menjaga persaudaraan serta saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan Indonesia.

“Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, semua Anda Pancasila. Saya Indonesia, Saya Pancasila,” pesan Presiden Joko Widodo.

Hadir dalam upacara tersebut para Perwira Staf Ahli, Perwira LO AL dan AU, para Asisten dan Kabalak Komandan Satuan, Perwira, Bintara dan Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil Kodam XVI/Pattimura.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Teguhkan Komitmen Bersama untuk Mengamalkannya