TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Saka Wira Kartika adalah Sarana Mengembangkan Pendidikan Bela Negara

By 01 Jun 2017 23:26Berita Satuan
4__2_

TNI AD – Sukoharjo. Sedikitnya 156 orang siswa-siswi Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA), dilantik menjadi anggota baru Saka Wira Kartika (SWK) di GSG Yonif Mekanis 413/Bremoro Kostrad yang merupakan angkatan ke 10.

Satuan Saka Wira Kartika (SWK) merupakan salah satu satuan yang bersifat Nasional yang dibentuk melalui kerja sama antar Kwarnas dengan TNI AD yang bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara.

Yonif Mekanis 413/BMR sebagai kesatuan kewilayaan di Kabupaten Sukoharjo merupakan pembina dari Saka Wira Kartika Kwarcab Sukoharjo. Danyonif Mekanis 413/Kostrad adalah Majelis Pembimbing (Mabisaka) Yonif Mekanis 413/Kostrad.

4__3_

Danyonif Mekanis 413/Kostrad Letkol Inf Arif Munawar dalam sambutannya menyampaikan, “Selamat kepada peserta yang telah lulus dan dilantik menjadi anggota baru SWK. Tidak mudah untuk menjadi anggota Saka Wira Kartika Yonif Mekanis 413/Kostrad. Butuh mental baja, fisik yang prima serta tekad dan jiwa korsa yang kuat. Ujian-ujian yang telah kalian lalui jadikan sebagai pengalaman yang berharga serta modal utama dalam berorganisasi di Saka Wira Kartika”.

Danyonif Mekanis 413/Kostrad juga mengucapkan terima kasih kepada pembina, pembimbing dan pelatih yang telah berupaya keras untuk mendidik adik-adik anggota baru SWK agar mempunyai jiwa nasionalis, berkarakter serta cinta tanah air dan bangsa.

Kegiatan pelantikan dilaksanakan selama tiga hari dengan materi lima Krida yakni Krida Survival, Krida Navigasi Darat, Krida Mountenering, Krida Pioneer dan Krida Penanggulangan Bencana. Disamping itu diberikan materi PBB, di hari pelantikan, Anggota Saka Wira Kartika secara simbolis disematkan Badge Saka Wira Kartika oleh Danyonif Mekanis selaku Irup.

Anggota baru yang telah dilantik akan menggantikan generasi sebelumnya yang sebentar lagi akan meneruskan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, “Saya sangat bangga dan terharu karena telah menempuh dengan susah payah sebagai anggota resmi SWK Yonif Mekanis 413,” tutur Citra salah satu peserta pelantikan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Saka Wira Kartika adalah Sarana Mengembangkan Pendidikan Bela Negara