TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tingkatkan Minat Baca Al-Qur’an, Kodam IM Gelar Lomba MTQ dan MHQ

By 15 Jun 2017 16:56Kodam Iskandar Muda
bra11a

TNI AD – Banda Aceh. Dalam rangka menyambut HUT TNI ke-72 Tahun 2017 ini, Kodam Iskandar Muda menggelar berbagai perlombaan untuk para pemuda dan Mahasiswa Perguruan Tinggi di Wilayah Kodam IM.

Jenis perlombaan yang digelar di Balai Teuku Umar tersebut diantaranya yaitu lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), lomba Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ), lomba Hadrah dan Lomba Paduan Suara, Rabu (14/6/2017).

bra11b

Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Fachrudin, S.Sos., mengatakan bahwa kegiatan lomba MTQ, MHQ, hadrah dan paduan suara merupakan salah satu ajang pengembangan minat dan bakat generasi muda. “Saya berharap kegiatan lomba ini dapat menjadi salah satu agenda penting untuk dilaksanakan karena dampaknya sangat baik dalam rangka menggali potensi dan bakat generasi muda, sehingga dapat dibina dan dikembangkan,” tegas Pangdam IM

Pangdam juga menyampaikan, melalui momentum MTQ, MHQ, hadrah dan paduan suara ini, untuk bersama-sama membangun Aceh ke arah yang lebih baik dengan selalu mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an, terutama dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang agamis serta mampu melantunkan pembacaan Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Lebih lanjut dikatakan Pangdam bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an tentunya senantiasa harus kita miliki dan tingkatkan, baik secara kuantitas maupun kualitas. hal ini merupakan perekat dan filterisasi prilaku dan kepribadian kita sebagai umat Islam, apalagi saat ini di Provinsi Aceh yang diberlakukan syariat Islam dengan segala aturan dan ketentuan yang harus kita patuhi, baik sebagai warga negara maupun sebagai warga masyarakat dan prajurit TNI.

“Harus kita pahami bersama, kitab suci Al-Qur’an di samping untuk dibaca, harus mampu kita jadikan sebagai pedoman hidup setiap umat islam. membaca Al-Qur’an saja sudah merupakan ibadah, apalagi melaksanakan setiap butir ayat yang telah kita ketahui dalam kehidupan sehari-hari, keluarga dan masyarakat,” tuturnya.Adapun para pemenang lomba pada perlombaan tersebut yaitu :

1. Lomba  MTQ. Juara I Kategori Putra diraih oleh Iskandar (perwakilan dari Korem 012/TU), Juara II diraih oleh Ikramullah (Kodim 0101/BS), Juara III diraih oleh  Zainal Abidin ( Korem 011/LW). Sedangkan untuk Kategori Putri, Juara I diraih oleh Hikmatul Nazila (Kodim 0101/BS), Juara II Nur Azizah (Korem 012/TU) dan Juara ke III diraih oleh Putri Mulyani (Kodim 0101/BS).

2. Lomba MHQ. Kategori Putra. Juara I diraih M. Faktor (Kodim 0101/BS), Juara II diraih M. Juaini (Kodim 0101/BS) dan Juara ke-III diraih oleh M. Zulfahmi (Korem 011/LW). Sedangkan untuk Katagori Putri, Juara I diraih Indah Nisriana (Kodim 0101/BS), Juara II diraih Mauliza Juliantika (Kodim 0101/BS), Juara III diraih oleh Cut Winda Sari (Korem 011/LW).

3. Lomba  Hadrah. Juara I diraih oleh Universitas Ar-Raniry dari Kodim 0101/BS, Juara II dari Pondok Pesantren Babul Hidayah dari Korem 011/LW dan Juara III diraih oleh Universitas Al Muslim dari Korem 011/LW.

4. Lomba Paduan Suara. Juara I diraih oleh Universitas Syiah Kuala dari Kodim 0101/BS, Juara II diraih oleh Akper Kesdam IM dari Kodim 0101/BS dan untuk Juara III diraih oleh Politeknik Aceh Selatan dari Korem 012/TU.
Adapun yang menjadi juara umum pada perlombaan Pembinaan Mental paduan suara tahun 2017 ini diraih oleh perwakilan dari Kodim 0101/BS. (Pendam IM)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tingkatkan Minat Baca Al-Qur'an, Kodam IM Gelar Lomba MTQ dan MHQ