TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Bantu Evakuasi Helikopter Jatuh, Dandim Wonosobo Terima Penghargaan Basarnas

By 26 Jul 2017 13:09Kodam IV/Diponegoro
11

TNI AD – Temanggung. Dandim 0707/Wonosobo Letkol Czi Dwi Hariyono mendapatkan penghargaan dari Basarnas atas dedikasinya membantu penanganan bencana jatuhnya helikopter HR 3602 di Temanggung beberapa waktu yang lalu. pemberian penghargaan tersebut di berikan langsung oleh Kepala Basarnas Marskal Muda TNI M Syaugi, S.Sos, MM. di Graha Bhumi Pala Temanggung, Selasa (25/07/2017).

Bukan hanya Dandim Wonosobo Letkol Czi Dwi Hariyono yang mendapatkan penghargaan dari Basarnas, namun ada sekitar 1106 orang yang juga diberikan penghargaan oleh Kepala Basarnas Marskal Muda TNI M Syaugi, S.Sos, MM karena keikutsertaannya membantu Basarnas dalam penanganan bencana.

Dijelaskan oleh Dandim Letkol Czi Hariyono, sebagai aparat keamanan yang ada diwilayah, pihaknya langsung menyiapkan anggotanya untuk membantu pendaratan helikopter. Karena helikopter ditunggu belum juga tiba maka Letkol Czi Dwi Hariyono memutuskan untuk melihat lokasi di Kawah Sileri, sementara anggota menunggu dilapangan Kalianget.
“Sesampainya disana, saya mendapat kabar kalau helikopter mendarat darurat di Temanggung. Mendengar kabar itu, saya langsung saya perintahkan anggota mengecek kepastiannya. Kabar belum didapat, sudah mendapatkan kabar lagi kalau helikopter mengalami musibah jatuh disana,” tutur Letkol Czi Dwi Hariyono.

Atas dasar informasi tersebut, kemudian Dandim langsung ke lokasi jatuhnya helikopter. Sesampainya disana masih sedikit terlihat orang yang berada dilokasi kejadian. “Dengan segala keterbatasan saat itu, saya berusaha menolong dan koordinasi kepada pihak – pihak yang terkait guna menentukan langkah yang paling efektif sehingga permasalahan cepat terasi, sekaligus memberikan laporan kepada pimpinan atas”, jelasnya.

“Kita harus bertindak cepat dengan saling koordinasi dengan instasi terkait untuk memberikan laporan agar pimpinan bisa mengambil keputusan yang tepat dan cepat serta akurat”,tegas Dandim Wonosobo Letkol Czi Dwi Hariyono.

Sementara dalam sambutannya, Marskal Muda M Syaugi menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dan partisipasi semua pihak yang telah membantu dalam menangani jatuhnya helikopter Basarnas beberapa waktu yang lalu. “Basarnas menyadari bahwa pengorbanan dari semua pihak tidak sebanding dengan penghargaan ini, akan tetapi ini merupakan wujud kami dalam menyampaikan rasa terima kasih. Karena berkat bantuan semua pihak dan koordinasi yang baik serta kesiapan semuanya, operasi evakuasi bisa berjalan dengan baik”, ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Marskal Muda M Syaugi bahwa musibah bisa datang setiap saat dan kita tidak menghendaki kedatangannya, untuk itu kita harus selalu siap untuk menghadapi itu semua. Dengan adanya kejadian tersebut, pihaknya mengaku tidak akan sedikitpun mengendurkan mereka untuk terus memberikan dedikasi terhadap misi kemanusiaan di manapun berada. Bahkan, hal itu akan dijadikan sebagai cambuk untuk berkarya dalam mengabdi kepada negara dan bangsa.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam V/Brawijaya Kodam IX/Udayana Puspen TNI Kodam II/Sriwijaya Dinas Penerangan Artikel Tips Kesehatan Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Bantu Evakuasi Helikopter Jatuh, Dandim Wonosobo Terima Penghargaan Basarnas