TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0116/Nara Budidaya Tanaman Metode Hidroponik

By 07 Jul 2017 17:09Kodam Iskandar Muda
bra8

TNI AD – Suka Makmue. Hidroponik adalah salah satu metode/sistem budidaya menanam tanaman dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit dari pada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah, hal ini sangat cocok pada area yang memiliki pasokan air terbatas terlebih saat musim kemarau tiba.

Berkaitan dengan hal tersebut, personel Kodim 0116/Nara mencoba mengembangkan membudidayakan tanaman hidroponik di wilayah komplek Makodim 0116/Nagan Raya.

Dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana seperti pralon 3 inci, elbow dan gelas bekas air mineral yang dibentuk sedemikian rupa, para personel Kodim 0116/Nara melaksanakan pembuatan hidroponik.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti hasil pelatihan pembekalan peningkatan kemampuan Aparat Komando Wilayah (Apkowil) terpusat 2017 yang diselenggarakan oleh Pusterad di Pusdikzi pada tanggal 5 s.d. 10 Juni 2017 lalu.

Adapun kondisi saat ini, sudah pada tahap penyemaian bibit dengan usia semai 3 (tiga) hari, dimana kondisi bibit sebagian sudah mulai muncul akar (kecambah). Untuk bibit/tanaman yang diuji adalah bibit sawi.

“Upaya ini di samping mengoptimalkan serbuan teritorial sekaligus menjadi motor penggerak salah satu program ketahanan pangan di tengah masyarakat, selain itu budidaya tanaman hidroponik sangat menyenangkan. Ini benar-benar dapat menjadi alternatif bagi kita yang memiliki lahan terbatas atau yang kesulitan mencari lahan dan juga banyak keuntungan dan manfaat yang kita dapatkan dari budidaya tanaman hidroponik,” ujar Kasdim 0116/Nagan Raya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0116/Nara Budidaya Tanaman Metode Hidroponik