Skip to main content
Kodam XII/Tanjungpura

Pangan Merupakan Komoditas Penting Bagi Sebuah Bangsa

Dibaca: 50 Oleh 09 Jul 2017Januari 19th, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Kubu Raya. Kepala Staf Kodam  XII/Tanjungpura Brigjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P.,  M.M., memimpin pertemuan tim percepatan Luas Tambah Tanam (LTT) Upsus Padi Kementan RI di Wilayah Provinsi Kalbar, di Makodam XII/Tpr Jl. Arteri Alianyang No. 1, Sungai Raya, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rabu (5/7/2017).

Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P., M.M., mengatakan bahwa pangan merupakan  komoditas penting dan strategis bagi sebuah bangsa termasuk Bangsa Indonesia. “Sebagai salah satu kebutuhan mendasar, berbagai upaya telah diprogramkan dan dilaksanakan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah serta berbagai pihak pelaku pertanian untuk meningkatkan ketahanan pangan Indonesia,” ujar Kasdam.

Kasdam menyampaikan bahwa akibat dampak perubahan iklim atau pemanasan global yang berkepanjangan, lahan pertanian yang semakin sempit disertai dengan bencana alam. “Upaya peningkatan produktivitas pangan nasional belum dapat dicapai secara optimal dan sebagai akibatnya ketahanan pangan di Indonesia masih belum cukup kuat,” ungkap Kasdam.

“Kodam XII/Tpr sebagai bagian dari komponen bangsa, ikut serta dalam menyukseskan program Ketahanan Pangan Nasional dengan melalui fungsi utama pembinaan teritorial,  juga menjadi sarana  bagi prajurit Kodam XII/Tpr utamanya para Babinsa untuk terus bersama-sama dengan  rakyat  mengatasi permasalahan yang ada di wilayah masing-masing termasuk di bidang pertanian,” ujar Kasdam.

Baca juga:  Prajurit Kodim 1014/Pbn Tanam Padi Perdana di Demplot

Kasdam menjelaskan bahwa program ketahanan pangan Kodam XII/Tpr diimplementasikan dengan memelihara, meningkatkan dan mendukung pembangunan sarana prasarana pertanian, pendidikan dan pelatihan pertanian, transfer teknologi pertanian serta pendampingan program pertanian yang dilaksanakan dengan melibatkan seluruh kelompok tani dan para Bintara Pembina Desa (Babinsa) maupun pemerhati masalah pertanian serta diawasi pelaksanaannya oleh pejabat dinas pertanian dan pejabat Kodam.

Kasdam menuturkan bahwa Upaya Khusus yang telah dilaksanakan Kodam XII/Tpr adalah melaksanakan pengawalan dan pendampingan Upsus percepatan Luas Tambah Tanam (LTT) Pajale khususnya Padi, dengan sasaran agar tercapainya peningkatan produksi beras Provinsi Kalbar guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional.

Kasdam mengingatkan bahwa tim percepatan Luas Tambah Tanam (LTT) Upsus Padi Kementan RI di wilayah Provinsi Kalbar, pencapaian realisasi Luas Tambah Tanam Padi April – Juni 2017 belum mencapai target yang telah ditentukan. “Untuk itu, sisa waktu Juli – September 2017 perlu percepatan LTT di wilayah Kalbar dengan melibatkan seluruh unsur-unsur yang terkait,” pinta Kasdam.

Baca juga:  Semangati Generasi Muda Enyam Pendidikan, Dandim Sambas Beri Seminar Para Pelajar

Hadir dalam pertemuan tersebut Direktur PPHTP (Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan) Kementan RI Ir. Yanuardi, M.M., beserta Staf, Kadistan THP Kalbar, para Kadistan Kab/Kota se- Kalbar, Aster Kasdam XII/Tpr, Kasiter Korem 121/Abw, para Kasiter Kodim jajaran Korem 121/Abw dan sejumlah undangan instansi yang terkait.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel