TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Perduli Lingkungan Satgas TMMD dan Dishut Tanam 5000 Pohon

By 13 Jul 2017 20:35Kodam Iskandar Muda
titip4

Satuan Penugasan Tentara Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-99 Kodim 0113/Galus dan Dinas Kehutanan bersama masyarakat menanam sebanyak 5000 pohon, di Desa Badak, Kecamatan Dabun Gelang, Kabupaten Gayo Lues. Selasa (11/07/2017).

Penanaman 5000 batang pohon tersebut, selain pentingnya penghijauan, bertujuan untuk mencegah mengurangi peristiwa Global Worming dan mengingat pula beberapa waktu lalu terjadinya bencana banjir di Desa Badak, Kecamatan Dabun Gelang, bahkan sudah beberapa kali terjadi bencana Alam tersebut.

Oleh karena itu, Melalui kegiatan TMMD ke-99 TNI, perlu dilakukan program penghijauan guna mencegah terjadinya bencana alam, baik itu banjir dan tanah longsor, sekaligus guna menata perkampungan Desa Badak tersebut jadi lebih indah, ujar Letkol Inf. M Faizal Nasution, selaku Dansatgas TMMD ke-99.

Kegiatan penghijauan tersebut, sangat antusias diikuti oleh masyarakat, selain di perbukitan, warga juga menanam diseputaran halaman rumahnya, seperti bibit pohon durian, manga, rambutan dan bibit coklat.

Diselah-sela kegiatan, seorang warga Desa Badak, Anto Aman Simah yang ikut serta dalam aksi penghijauan penanaman 5000 pohon itu mengatakan, ungkapan terimakasih kepada Dansatgas dan para anggotanya yang bekerja sama dengan Dinas Kehutanan, atas kepeduliannya. Selain itu, Ia mengungkapkan, bersama masyarakat Desa Badak akan merawat pohon-pohon tersebut dengan baik.

Selain melakukan kegiatan menanam pohon TMMD di Wilayah Kodim 0113/Gayo Lues, membangun jambanisasi untuk masyarakat Desa badak, Kecamatan Dabun Gelang, Kabupaten Gayo Lues.

Dansatgas TMMD ke-99 TNI, Letkol Inf M. Faizal Nasution mengatakan, tujuan pembangunan jambanisasi tersebut, dikarenakan masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki jamban sehat, apa bila adanya jambanisasi tersebut, masyarakat mau merubah taraf hidup sehat, terutama bagi masyarakat yang tidak memiliki BAB (Buang Air Besar).

Selain itu, apa bila sungai dipergunakan tempat untuk pembuangan air besar (BAB), sungai tersebut akan kotor dan nantinya akan bedampak pencemaran lingkungan. “bukan hanya jambanisasi saja yang akan dibangun, pembuatan jalan, jembatan dan merehab Mesjid, hal ini merupakan kepedulian TNI kepada masyarakat, khusunya masyarakat Desa Badak, Kecamatan Dabun Gelang, dalam Kemanunggalan antara TNI/Rakyat.”

Pada kegiatan tersebut, Nadir Warga Desa Badak mengatakan, kami sangat senang dan berterima kasih kepada TNI yang telah peduli dan membantu kami masyarakat Desa Badak, baik dalam membantu pembuatan jamban, sehingga warga disini tidak susah payah lagi untuk membuang air ke sungai, kata Nadir.

“Terima kasih ya pak, atas kepedulian Bapak-bapak TNI Kodim 0113/Gayo Lues, harapan kami pembangunan jambanisasi sudah lama, tetapi tidak apa, saat ini jamban sudah terbangun, ungkapnya. (buanaindonesia.co.id)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam V/Brawijaya Dinas Penerangan Kodam Iskandar Muda Kodam XII/Tanjungpura Kodam IV/Diponegoro
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Perduli Lingkungan Satgas TMMD dan Dishut Tanam 5000 Pohon