Kostrad

Prajurit TNI Berikan Pelatihan Pembuatan Gitar Bagi Warga Perbatasan

Oleh 09 Jul 2017 Januari 19th, 2018 No Comments
#TNIAD 

TNI AD – Tanah Merah. Satgas Pamtas Yonif 405/Surya Kusuma turut berperan aktif dalam meningkatkan keterampilan masyarakat di daerah perbatasan RI – PNG dengan memberikan pelatihan pembuatan gitar, bertempat di Pos Kout Satgas Yonif 405/SK, km 13, Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel, Papua, Rabu (5/7/2017).

Pelatihan ini dihadiri oleh puluhan masyarakat dari Distrik Arimob dan Distrik Mandobo.

Masyarakat sangat antusias dan senang mengikuti pelatihan pembuatan gitar tersebut. Mereka memperhatikan dengan seksama pelatihan membuat gitar yang diberikan oleh Praka Hendro, anggota Pos Kout Satgas Yonif 405/SK.

Praka Hendro mengawali pelatihan dengan menunjukkan peralatan yang diperlukan dalam pembuatan gitar. Peralatan yang di perlukan pun cukup sederhana, yaitu gergaji, pahat, penggaris, tang, obeng, palu, skrap, cutter dan bor. Bahan yang digunakan juga mudah didapat di toko-toko alat musik yang ada di wilayah Papua Selatan seperti grip, drayer dan senar gitar. Sedangkan bahan stang gitar dapat memanfaatkan jenis kayu keras yang dihasilkan dari hutan.

Baca juga:  Karateka Yonif Raider 303/Kostrad Ukir Prestasi Pada CG Cup 2017

Praka Hendro memberikan pelatihan dengan penjelasan dan bahasa yang mudah dimengerti, karena selain memiliki jiwa seni, proses pembuatan gitar juga memerlukan ketelitian dan kesabaran.

Usai kegiatan, Matheus (45 tahun) tokoh pemuda dari Distrik Mandobo memberikan apresiasi kepada Satgas Yonif 405/SK yang telah memberikan pelatihan pembuatan gitar dan berharap kegiatan pelatihan seperti ini sering dilakukan di wilayah Kabupaten Boven Digoel.

Ditempat terpisah Dansatgas Yonif 405/SK Letkol Inf Diantoro, S.IP., menyampaikan bahwa Satgas Yonif 405/SK akan terus berupaya untuk memberikan keterampilan yang bermanfaat bagi masyarakat, sehingga kualitas sumberdaya manusia di daerah perbatasan RI – PNG wilayah Kabupaten Boven Digoel dapat meningkat.

Komentar