TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

SP3T Diharapkan Jadi Solusi Masalah Yang Dihadapi Petani

By 27 Jul 2017 16:55Kodam V/Brawijaya
8a

TNI AD -Dalam rangka memaksimalkan serapan gabah petani (Sergap) di tiap-tiap daerah, Markas Besar TNI AD (Mabesad) menerjunkan tim Sergap ke wilayah Korem 082/CPYJ termasuk diantaranya Kodim 0814 Jombang. Tim terdiri dari Kolonel Inf Eddy Saputra Siahaan, Kolonel Inf Ronny dan Kolonel Inf Dwi Surya Atmojo. Tim Sergap dari Mabesad tiba di Makodim 0814 Jombang disambut Dandim0814/Jombang Letkol Inf Fatkurahman beserta perwira staf, Selasa (25 Juli 2017).

Tim Sergap Mabesad beserta rombongan menuju ke lokasi Bulog Tunggorono I dan II kemudian ke lokasi usaha dagang (UD) SSA milik Muklisin di Dusun Pedes Desa Sukorejo Kecamatan Perak. Kunjungan ini bertujuan untuk melaksanakan pengecekan gabah di gudang, proses penggilingan padi dan pengecekan kwalitas beras setelah selesai proses penggilingan. Di lokasi tersebut, tim Sergap Mabesad melakukan dialog dan berkoordinasi tentang proses Sergab dari petani, proses pengeringan, penggilingan sampai pendistribusian ke Bulog.

Kolonel Inf Eddy Saputra Siahaan selaku pimpinan tim Sergap mengatakan, kegiatan Sergap di wilayah Jombang ini dilaksanakan guna mengetahui pelaksanaan Sergap serta kendala yang dihadapi di lapangan.

“Hal itu sebagai bahan masukan untuk program upaya khusus (Upsus) swasembada pangan pada masa yang akan dating”, tegas Kolonel Eddy.

Selanjutnya tim sergap Mabesad Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T) Denanyar yang dikelolah Korem. SP3T dibangun untuk mengatasi persoalan yang kerap dirasakan para petani dalam hal pengolahan maupun penyimpanan padi. Dengan adanya SP3T yang memiliki berbagai alat pertanian modern maka petani tidak akan lagi khawatir terhadap anjloknya harga gabah di musim penghujan sebab disini sudah siapkan peralatan seperti pengering gabah dan penggilingnya sekaligus.

Dengan adanya SP3T ini tujuannya adalah membantu dan mempermudah para petani melakukan efesiensi produksi sehingga nantinya akan menghasilkan gabah maupun beras terbaik. Oleh karena itu dengan adanya SP3T ini diharapkan mampu mendorong peningkatan kesejahteraan para petani di wilayah Kabupaten Jombang. (Penrem 082/CPYJ).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

SP3T Diharapkan Jadi Solusi Masalah Yang Dihadapi Petani