Skip to main content
Kodam XVII/Cenderawasih

Tanamkan Semangat Persatuan Pada Anak Melalui Cerita Gajah Mada

Dibaca: 423 Oleh 05 Jul 2017Januari 22nd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Tanah Merah. Guna menanamkan jiwa persatuan dan kesatuan sejak dini di daerah perbatasan RI – PNG Dansatgas Yonif 405/Surya Kusuma Letkol Inf Diantoro, memberikan dongeng legenda rakyat kepada anak-anak wilayah Kabupaten Boven Digoel, Senin (3/7/2017)

Kegiatan yang digelar di halaman Pos Kout Satgas Yonif 405/SK tersebut diikuti oleh puluhan anak-anak yang sering berkunjung ke Pos Kout dan saat itu mereka sedang liburan sekolah. Antusias dan kegembiraan terpancar dari wajah mereka saat mendengarkan dongeng dari Dansatgas Yonif 405/SK tentang seorang tokoh ksatria dari kerajaan Majapahit yaitu Patih Gajah Mada.

Dalam dongengnya, Dansatgas Yonif 405/SK mengisahkan bahwa Patih Gajah Mada adalah seorang Patih yang mempunyai kemampuan yang hebat dan memiliki loyalitas tinggi kepada rajanya. Hal ini ditunjukkan dengan keberhasilanya menumpas pemberontakan-pemberontakan di kerajaan Majapahit, sehingga Patih Gajah Mada diangkat sebagai Amangkhubumi.

Pada saat upacara pelantikan Amangkhubumi, Gajah Mada bersumpah bahwa dirinya tidak akan merasakan Palapa (semacam buah atau bisa juga diibaratkan dengan kenikmatan) sebelum menyatukan Nusantara. Sumpah itu terkenal dengan sebutan Sumpah Palapa. Sumpah itupun akhirnya terwujud, Patih Gajah Mada berhasil menyatukan Nusantara.

Baca juga:  Perlunya Pendekatan Keagamaan

Mengakhiri dongeng, Dansatgas berpesan, ”Generasi muda hendaknya dapat mencontoh semangat dan kegigihan Patih Gajah Mada untuk mempersatukan Nusantara. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang terdiri dari berbagai suku bangsa, agama dan budaya. Mari kita tingkatkan persatuan dan kesatuan guna mewujudkan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini, seperti Patih Gajah Mada dalam mewujudkan Sumpah Palapa”.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel