TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Santri.

By 04 Aug 2017 15:47Berita Satuan
5__2_

TNI AD – Jember. Pondok Pesantren (Ponpes) masih menjadi salah satu pilihan dalam pembinaan dan pendidikan anak di Kabupaten Jember. Hal tersebut terbukti dengan adanya sekitar 350 Pondok Pesantren yang tersebar di wilayah Kabupaten Jember.

Dengan kondisi tersebut tentunya keberadaan generasi bangsa yang berada di pondok-pondok tersebut perlu mendapatkan perhatian yang sama dengan sekolah-sekolah umum lainnya. Demikian halnya pemberian materi wawasan kebangsaan dari Koramil Jajaran Kodim 0824/Jember yang juga menembus pondok-pondok tersebut dalam rangka memberikan pembekalan kepada generasi bangsa sekaligus menangkal faham radikalisme dan terorisme.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 0824/09 Desa Curah Takir Serda Suharyanto pada Kamis (3/8/2017) yang memberikan materi wawasan kebangsaan kepada 70 orang santri. Mereka rata-rata berusia 10-15 tahun, santri Ponpes Al Ikhlas Dusun Ponco, Desa Curahtakir, Kecamatan Tempurejo Jember.

Di Ponpes yang diasuh oleh Ustad Amali tersebut Serda Sudaryanto mengajak para santri untuk rajin belajar, menyerap ilmu pengetahuan yang diberikan pengajar sebagai bekal kelak sebagai generasi penerus bangsa.

Lebih lanjut juga disampaikan bagaimana perkembangan global saat ini ketika penyebaran informasi sudah tidak terbatas dan mampu menembus dunia melalui internet. “Para santri hendaknya mampu memanfaatkannya secara positif adanya perkembangan tersebut. Hindari konten-konten yang membahayakan dan merugikan diri sendiri, keluarga bangsa dan negara. Jangan mudah percaya isu-isu yang berkembang di dunia maya melalui media sosial. Apalagi yang bersifat menghasut, menghina kelompok tertentu bahkan memprovokasi pada faham radikal maupun terorisme,” ujar Serda Suharyanto.

Disampaikan pula bahwa bangsa Indonesia merdeka dari hasil perjuangan para pahlawa. Dari situ berarti Indonesia adalah bangsa pejuang, bangsa ksatria, bangsa yang penuh jiwa patriotisme.

“Mari kita isi kemerdekaan ini dengan karya dan prestasi. Kita sebagai generasi bangsa sesuai profesi masing-masing, yang pelajar belajar yang baik, yang santri menjadi santri yang baik, yang bekerja bekerja yang baik demi diri sendiri, masyarakat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,’’ tegas Serda Suharyanto.

Pengasuh Ponpes Al Ikhlas Ust Amali saat dikonfirmasi membenarkan adanya kegiatan tersebut dan dirinya merasa ber terima kasih kepada serda Suharyanto yang telah memberikan wawasan tambahan kepada santrinya.Apalagi menyangkut wawasan kebangsaan yang sangat penting untuk dipahami oleh generasi bangsa.

Komandan Kodim/0824Jember Letkol Inf Rudianto menyampaikan apresiasinya. “Hal tersebut sudah saya perintahkan kepada jajaran untuk dilaksanakan kepada semua elemen masyarakat termasuk santri pondok pesantren,” ungkap Dandim.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada Ust Amali atas pemberian waktunya kepada jajarannya untuk menyampaikan wawasan kebangsaan. Sekaligus berharap agar keberadaan pondok pesantren selalu mendukung kegiatan tersebut agar generasi muda kita memahami kondisi yang dihadapi, dan sekaligus keberadaan pesantren mampu menjadi filter terhadap berkembangnya paham-paham radikal dan terorisme yang mengancam keutuhan NKRI,” pungkas Dandim.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Santri.