TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Cegah Paham Radikalisme, 1000 Mahasiswa Unipa Dibekali Wawasan Kebangsaan

By 06 Aug 2017 15:51Berita Satuan
9__2_

TNI AD – NTT. Dandim 1603/Sikka Letkol Inf Abdullah Jamali, S.I.P memberikan pembekalan wawasab kebangsaan kepada 1.000 orang Mahasiswa dari Universitas Nusa Nipa (Unipa) Maumere, NTT, Kamis, (03/08/2017).

Kegiatan tersebut sebagai upaya TNI dalam menangkal pengaruh paham radikalisme, ISIS dan terorisme yang saat ini menjadi suatu ancaman serius bagi bangsa Indonesia. Sehingga perlu adanya kesadaran dari seluruh komponen bangsa Indonesia akan bahaya tersebut. “Tujuan dari kelompok itu yaitu untuk memecah belah dan menghancurkan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, tegas Dandim.

9__1_

Adapun materi yang diberikan Dandim kepada para Mahasiswa Unipa yaitu diawali dengan menjelaskan makna dari butir – butir Pancasila kemudian tentang Bhineka Tunggal Ika. “Diharapkan melalui kegiatan Bela negara ini bisa memahami tentang pentingnya cinta tanah air dan jiwa nasionalisme tertanamkan pada diri kita”, katanya.

Lebih lanjut dikatakan Dandim bahwa pembekalan bela negara dan wawasan kebangsaan sangat penting untuk masyarakat umum khususnya lagi kepada para pelajar di lingkungan sekolah, sehingga memiliki pengertian dan pemahaman tentang empat konsensus bangsa Indonesia yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Kegiatan ini juga kata Dandim bertujuan untuk lebih mencintai negara dan bangsa Indonesia serta sebagai upaya untuk membungkam karakter negatif maupun doktrin dari paham-paham radikalisme (ISIS dan terorisme) dalam diri para pelajar/siswa, sehingga mulai sejak dini diberikan wawasan kebangsaan sampai nantinya ketika beranjak dewasa dapat berguna bagi lingkungan masyarakat, bangsa dan negara.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Cegah Paham Radikalisme, 1000 Mahasiswa Unipa Dibekali Wawasan Kebangsaan