TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Ekspor Bawang Merah ke Thailand, Mentan Apresiasi Para Babinsa Brebes

By 19 Aug 2017 20:19Kodam IV/Diponegoro
4a__10_

TNI AD – Brebes. Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman meninjau processing bawang merah sekaligus pelepasan ekspor bawang merah ke negara Thailand, di Kecamatan Wanasari, Brebes, Jawa Tengah, Kamis (18/8/2017).

Mentan Andi Amran Sulaiman langsung melihat proses pendinginan bawang merah di Desa Klampok yang diekspor ke Thailand sejumlah 300 Ton/10 Kontainer. Setelah diekspor ke Thailand, selanjutnya disusul ke negara Malaysia dan Timor Leste.

4a__5_

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, sangat mengapresiasi peran Kementerian Pertanian dibantu aparat TNI dalam hal ini para Babinsa dan Kepolisian dalam pemberantasan mafia bawang, sehingga Indonesia bisa membuktikan kepada dunia mampu mengekspor bawang merah ke Thailand, Malaysia dan Timor Leste dengan total kapasitas 560.000 ton.

Mentan menyampaikan, kehadiran para Babinsa yang turun langsung ke sawah atas instruksi dari Presiden RI sangat dirasakan manfaatnya oleh para petani bawang, sehingga hasil pertanian Indonesia semakin meningkat. “Ini yang perlu kita beri apresiasi bahwa kinerja para Babinsa betul-betul mampu menolong para petani,”ungkapnya.

Mentan menambahkan, pada tahun 2018/2019, prioritas ekspor pertanian Indonesia mencakup kedelai dan bawang putih. “Saya yakin dengan kerja keras semua pihak, hal ini dapat diwujudkan, sehingga devisa negara kita makin meningkat,”ucapnya.

“Mari kita bertekad untuk mengembalikan kedaulatan pangan Indonesia menuju lumbung pangan nasional yang kuat dan swasembada,”tutur Andi Amran Sulaiman.

Kunker ini Mentan di Brebes ini diakhiri dengan pelepasan balon udara dan pemecahan kendi secara simbolis 10 Kontainer yang membawa komoditas ekspor bawang merah ke Thailand.

Hadir dalam kegiatan tersebut Aster Kasad Mayjen TNI Widagdo H Sukoco, Pangdam IV/Dip Mayjen TNI Tatang Sulaiman, Kapolda Jateng Irjen Pol. H. Condro Kirono, Aslog Kapolri Irjen Pol. Eko Hadi, Dirjen Holrikultura Yasid Taufik, Kasrem 071/WK Letkol Inf Ariful M, Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, S.E, Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono, Wakapolres Brebes Kompol Mashudi, para Dandim Wilayah Pantura, Kadintan dan Ketahanan Pangan Kab. Brebes Ir. Bhudiarso, Ketua Tandidz NU Brebes KH. Athoilah Syatori, S.E, Msi., Gapoktan dan Petani Bawang se-Kabupaten Brebes berjumlah kurang lebih 150 orang.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Ekspor Bawang Merah ke Thailand, Mentan Apresiasi Para Babinsa Brebes