TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Karnaval Tradisional Pandhalungan Mantapkan Jiwa Patriotisme Masyarakat Jember

By 27 Aug 2017 17:06Kodam V/Brawijaya
IMG_20170827_171141

TNI AD – Jember. Dalam rangka memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia, masyarakat Jember melaksanakan Karnaval Tradisional Pandhalungan dengan berbagai pakaian tradisional, bertempat di Gedung Serbaguna GOR PKPSO Jember, Jawa Timur, Sabtu (26/8/2017).

Istilah Kota Jember menjadi Kota Pandhalungan sudah tidak asing lagi karena Kabupaten Jember sendiri terbentuk oleh padatnya arus pendatang yang bermukim di Jember sejak jaman penjajahan dahulu, sehingga memiliki budaya perpaduan dari daerah berlainan dan dinyatakan oleh masyarakat sebagai budaya pandhalungan.

Karnaval Pandhalungan yang dilaksanakan tersebut walaupun tidak seheboh Jember Fashion Karnaval, namun Karnaval Pandhalungan sendiri mendapatkan sambutan cukup antusias dari masyarakat Jember, hingga Komandan Kodim 0824/ Jember Letkol Inf Rudianto pun ikut turun menjadi peserta karnaval dengan busana ala pejuang lengkap dengan sepeda kunonya.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Jember dr. Hj Faida MMR, dihadiri oleh Wakil Bupati Jember Drs A Muqit Arif dan Forkopimda Kabupaten Jember.

Bupati Jember dr. Hj Faida MMR mengatakan, karnaval ini diharapkan mampu menjadi ajang promosi wisata di Jember. “Ke depan karnaval ini akan dikolaburasikan dengan para ahli seniman, budayawan dan lain-lain, sehingga karnaval ini dapat dikemas dengan lebih baik lagi untuk menarik minat pengunjung,”ujarnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0824/ Jember Letkol Inf Rudianto yang hadir dengan pakaian pejuang tersebut cukup mengagetkan sekaligus mendapatkan sambutan hangat dari segenap Forkopimda Jember. Letkol Inf Rudianto menegaskan, dirinya sangat mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Jember yang menyelenggarakan karnaval seperti ini, karena mampu membangkitkan kreativitas masyarakat,”ungkapnya.

“Saya sengaja memakai pakaian seperti ini dan ikut jalan dengan peserta lainnya ingin menyampaikan pesan moral kepada masyarakat khususnya generasi bangsa, bahwa kita tidak boleh melupakan sejarah bangsa. Indonesia merdeka dari hasil jerih payah perjuangan para pahlawan bangsa,”ucap Letkol Inf Rudianto.

Lebih lanjut Letkol Inf Rudianto mengajak generasi muda dan masyarakat pada umumnya untuk lebih mencintai tanah air Indonesia, memantapkan jiwa patriotisme masyarakat sebagai pewaris perjuangan para pahlawan. “Mari kita isi kemerdekaan ini dengan prestasi dan berpikir positif untuk masa depan bangsa Indonesia yang lebih baik. Jayalah negeriku. Merdeka….!,”tuturnya.

Karnaval Tradisional Pandhalungan Jember 2017 diikuti sekitar 5.000 lebih warga masyarakat Jember dengan berbagai pakaian tradisional khas Pandhalungan.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam V/Brawijaya Kodam Iskandar Muda Kodam XVII/Cenderawasih Kodam IX/Udayana Kostrad
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Karnaval Tradisional Pandhalungan Mantapkan Jiwa Patriotisme Masyarakat Jember