TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Keterbatasan Transportasi, Tim Ekpedisi Mappi Turun Tangan Evakuasi Pasien

By 20 Aug 2017 17:59Kopassus
6__1_

TNI AD – Tim Ekspedisi NKRI Subkorwil-2/Mappi membantu proses evakuasi pasien seorang ibu yang mengidap penyakit TBC, Ibu yang bernama Germana berusia 45 tahun ini dibawa dari pelabuhan Distrik Obaa menuju RSUD Kota Kepi dengan menggunakan speedboat pada pukul 10.00 WIT, Sabtu (19/8/2017).

Kondisi pasien membutuhkan penanganan cepat karena pasien menahan rasa sakit.

6__2_

Rianto (27 tahun) petugas mantri kesehatan (PMK) Puskesmas kampung Kotiak Distrik Passue turut mengantar Pasien mengatakan, Pasien dirujuk karena ketersediaan obat tidak memadai.

” Sebelum pasien tiba di Pelabuhan Distrik Obaa, pasien dirujuk dari Puskesmas Kampung Kotiak Distrik Passue karena keterbatasan fasilitas kesehatan dan kebutuhan obat-obat Tidak Tersedia”, ujarnya.

Karena kondisi pasien yang sudah tidak kuasa menahan rasa sakit, akhirnya pasien segera dievakuasi dengan menggunakan speedboat yang menempuh perjalanan selama satu jam. Transportasi yang bisa dilalui antar distrik hanya menggunakan transportasi air.

Evakuasi di pelabuhan Distrik Obaa dibantu oleh Tim Pengabdian Masyarakat dan Sosial Budaya Ekspedisi NKRI subkorwil 2/ Mappi yang bertepatan dengan giat pengambilan data sekunder jalur tansportasi air antar distrik di pelabuhan Distrik Obaa.

Suasana pelabuhan yang sangat ramai dengan kegiatan penurunan barang-barang dari kapal menyebabkan proses evakuasi tidak terlalu diperhatikan masyarakat sekitar pelabuhan.

Tim ekspedisi NKRI yang berada Di lokasi bergerak dengan cepat untuk membantu menurunkan pasien dari speedboat dan langsung menghubungi pihak RSUD Kota Kepi agar segera mendatangkan ambulan ke pelabuhan.

Selama 15 menit menunggu akhirnya ambulance datang ke pelabuhan Distrik Obaa.

Setelah mobil ambulan tiba, peserta ekspedisi langsung membantu mengangkat pasien ke dalam mobil ambulance, perjalanan ditempuh selama 15 menit menuju RSUD Mappi dari Pelabuhan Distrik Obaa.

“Bila lingkungan sekitar kita membutuhkan kita, kita harus membantu, karena mereka saudara kita”, ujar Abdul Rojak salah seorang peserta Ekspedisi NKRI.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kodam V/Brawijaya Kodam XVII/Cenderawasih Kodam IV/Diponegoro Kodam XVI/Patimura Kodam IX/Udayana
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Keterbatasan Transportasi, Tim Ekpedisi Mappi Turun Tangan Evakuasi Pasien