Skip to main content
Kodam XVI/Pattimura

Kodam Gandeng Pemkot Dan Komunitas Pecinta Lingkungan Bersihkan Teluk Ambon

Dibaca: 7 Oleh 12 Agu 2017Januari 23rd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Ambon. Dalam rangka Program Serbuan Teritorial, Asisten Teritorial Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf Ali Aminuddin, S.E., menggandeng Pemkot dan Komunitas Pecinta Lingkungan Kota Ambon melaksanakan pembersihan pesisir pantai dan teluk Ambon yang bertempat di Teluk Ambon Negeri Poka, depan PLTD Poka, Kecamatan Baguala, Kota Ambon. Selain mendukung program serbuan teritorial, kegiatan ini juga merupakan gagasan Pangdam XVI/Pattimura sendiri berkaitan dengan program Emas Hijau ( Green Gold).

Kegiatan ini dihadiri tidak hanya dari TNI, Pemkot Kota Ambon, Masyarakat Desa Poka dan juga Komunitas Pecinta Lingkungan Kota Ambon, seperti Molucass costa care, Green Moluccas tetapi warga asing dari luar negeri juga ikut berpartisipasi pada kegiatan ini, seperti beberapa pelajar dari negara Australia, Rusia, Vietnam dan Laos.

5b
Tidak hanya pembersihan pantai pesisir dan mengangkut sampah dari pantai ke darat, tetapi juga dilaksanakan pemasangan jaring penahan sampah sepanjang 250 m secara bersama-sama yang bertujuan mencegah sampah-sampah masuk ke dalam ekosistem Mangrove dari pantai sebelah utara. Jaring penahan sampah merupakan bantuan yang diberikan Kodam XVI/Pattimura.

Baca juga:  Apel Siaga Pengamanan Pelantikan Presiden Kodam XVI/ Pattimura Mengerahkan 1000 Orang Personel

Aster Kasdam XVI/Pattimura mewakili Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo, memberikan secara langsung kepada Camat Teluk Ambon dan diserahkan kepada Komunitas Molucass Costa Care.

Penanaman 750 bibit pohon mangrove oleh TNI dan Komunitas juga dilakukan sebagai tindakan reboisasi. Diketahui sampah yang berhasil dibersihkan mencapai 15 truk. Kebersihan ekosistem pantai juga merupakan hal yang sangat penting. Selain menahan abrasi oleh air laut, mangrove juga berfungsi sebagai habitat satwa dan juga beberapa jenis ikan. Dengan ekosistem mangrove yang bersih dan hijau diharapkan banyak bibit-bibit ikan yang bisa hidup sehingga ikan melimpah ( Blue Gold). (Pendam16)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel