TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Lomba Bintal Wujudkan Persaudaraan Antar Umat Beragama di Palembang

By 10 Aug 2017 17:09Berita Satuan
3__4_

TNI AD-Palembang. Dalam rangka memperingati HUT ke-72 TNI Tahun 2017, Kodam II/Sriwijaya menggelar lomba Pembinaan Mental (Bintal) Tingkat Perguruan Tinggi Negeri dan Islam di jajaran Kodam II/Sriwijaya yang dibuka Kabintaldam II/Sriwijaya Letkol Inf Dwi Tugas Irianto, bertempat di Masjis Al Ikhlas Makorem 044/Garuda Dempo, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (9/8/2017).

Kabintal Kodam II/Sriwijaya Letkol Inf Dwi Tugas Irianto mengatakan, kegiatan lomba bidang Bintal ini mengambil tema “Melalui Kegiatan MTQ Dan MHQ Tingkat Mahasiswa Dan Mahasiswi Dalam Rangka HUT Ke-72 TNI Kita Tingkatkan Intelektualitas Dan Spiritualitas Untuk Mencetak Generasi Yang Cerdas Dan Bermoral Serta Cinta Tanah Air” merupakan salah satu ajang pengembangan minat dan bakat generasi muda. “Selain itu, kegiatan ini sebagai sarana menumbuhkan kecintaan kepada Al Qur’an dengan meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi yang tersirat maupun tersurat di dalam Al Qur’an, sekaligus juga untuk menyalurkan bakat seni di kalangan mahasiswa,”ujarnya.

3__3_

Lebih lanjut Kabintal menyampaikan, lomba ini diharapkan menjadi ajang silaturahmi antar umat beragama, baik Muslim maupun non Muslim. “Hubungan persaudaraan antar umat beragama merupakan salah satu modal dasar dalam pembangunan, karena membangun bangsa dan negara harus didasari dengan kebersamaan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan,”ungkapnya.

“Melalui momentum MTQ, MHQ, Hadrah dan Paduan Suara ini, mari bersama-sama kita membangun Sumbagsel ke arah yang lebih baik dengan selalu mengamalkan nilai–nilai Al Qur’an terutama dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang agamis, serta mampu melantunkan pembacaan Al Qur’an dengan baik dan benar,”sambung Letkol Inf Dwi Tugas Irianto.

Kabintal menegaskan, harus dipahami bersama, kitab suci Al Qur’an disamping untuk dibaca, harus mampu dijadikan sebagai pedoman hidup setiap umat Islam. “Membacanya saja sudah merupakan ibadah, apalagi melaksanakan setiap butir ayat yang telah kita ketahui dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Adapun materi yang dilombakan antara lain Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), Hadrah dan Paduan Suara yang diikuti 32 orang terdiri dari 8 putri dan 24 putra.

Bagi para pemenag pada masing-masing materi lomba akan mendapatkan hadiah berupa trofi dan uang pembinaan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Lomba Bintal Wujudkan Persaudaraan Antar Umat Beragama di Palembang