TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam Turun Langsung Padamkan Api Di Kabupaten Ogan Ilir

By 07 Aug 2017 17:01Berita Satuan
1b

TNI AD – Palembang. Seiring telah berakhirnya musim hujan, Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di sejumlah titik api yang berada di beberapa wilayah Kabupten di Provinsi Sumatera Selatan akhir-akhir ini mulai nampak. Kodam II/Swj sebagai garda terdepan yang tergabung dalam Satgas Karhutla terus melakukan berbagai upaya pencegahan maupun pemadaman apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan yang diakibatkan oleh ulah tangan manusia.

1a

Terkait hal tersebut, Minggu (6/8/2017) pagi, puluhan anggota TNI AD dari Kodim 0402/OKI-OI dan anggota Polri beserta beberapa anggota BNPB, Manggala Agni bersama-sama masyarakat melakukan pemadaman api yang membakar lahan gambut yang berada di lokasi tidak jauh dari Desa Arisan Jaya Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.

Sementara itu, Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S.Sos., yang didampingi Asops Kasdam II/Swj Kolonel Inf Eron Firmansyah, Dandim 0402/OKI-OI dan Kepala BNPB Provinsi Sumsel Iriansyah pada saat meninjau Satgas Karhutla di Kabupaten OI turun tangan langsung ke lapangan berjibaku bersama Satgas Karhutla atasi kebakaran lahan, melawan cepatnya angin serta panasnya matahari agar api tidak meluas.

“Api sudah bisa kita atasi, dari mana asal api masih kita selidiki, apakah benar disengaja atau tidak,” ungkap Pangdam.

“Untuk mengantisipasi kebakaran tidak terulang kita menghimbau agar masyarakat tidak membuka ladang atau lahan pertanian dengan cara membakar hutan atau lahan,” tandasnya.

Lebih lanjut Pangdam memastikan Kodam II/Sriwijaya beserta jajaran akan mengupayakan koordinasi dengan pihak terkait supaya peralatan untuk membantu proses pemadaman bisa tercukupi dan api cepat dipadamkan.

“Semaksimal mungkin kita akan mengupayakan untuk berkoordinasi dengan pihak terkait agar dukungan berupa peralatan yang dibutuhkan bisa tercukupi. Hal ini untuk menjamin keamanan dan kenyamanan anggota di lapangan supaya dapat hasil yang maksimal,” pungkas Pangdam.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam Turun Langsung Padamkan Api Di Kabupaten Ogan Ilir